Perbankan

Universal BPR Percepat Digitalisasi Kredit dengan Teknologi AI 6Estates

Jakarta – Universal BPR terus berupaya mempercepat transformasi digital dalam operasionalnya. Teranyar, Universal BPR bekerja sama dengan 6Estates, perusahaan teknologi Artificial Intelligence (AI) asal Singapura.

Kerja sama ini dilakukan sebagai langkah untuk memberdayakan solusi AI dalam meningkatkan proses penilaian kredit di Universal BPR dengan mengintegrasikan solusi Intelligent Document Processing (IDP) dari 6Estates.

Luan Huanbo, Founder & CEO 6Estates mengatakan, solusi ini dirancang untuk membaca, memahami, memproses, dan menganalisis informasi dokumen dalam berbagai format dan bahasa secara otomatis. Terutama dalam mengoptimalkan proses kredit agar lebih efisien dan akurat.

“Saya pikir mungkin sebagian besar BPR tidak memiliki infrastruktur IT yang kuat; departemen yang berbeda menangani tugas yang berbeda. Kami berharap solusi kami dapat memberdayakan dan meningkatkan BPR secara signifikan,” ujar Luan Huanbo dikutip 6 Juli 2024.

Baca juga: Rayakan HUT ke-21, Universal BPR Undi Tabungan dan Luncurkan Maskot

Sementara, Igor Siboro Group Head Universal BPR (Funding, Business Development, Treasury & MarCom) mengatakan, bahwa dengan mengintegrasikan teknologi AI seperti 6Estates, Universal BPR tidak hanya berencana untuk meningkatkan layanannya, tetapi juga ingin memosisikan diri sebagai pusat inovasi bagi BPR lainnya.

“Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat daya saing BPR di tengah persaingan ketat industri keuangan, mulai dari bank umum hingga fintech. Pemanfaatan teknologi dalam proses kredit diharapkan dapat meningkatkan citra BPR, sehingga diharapkan dapat menjadi lembaga keuangan yang inovatif dan responsif terhadap perkembangan teknologi,” ucap Igor.

Baca juga: OJK Permudah Perizinan BPR dan BPRS Lewat Aplikasi SPRINT

Kinerja Universal BPR

Sepanjang 2023, Universal BPR telah menyalurkan kredit mencapai Rp1,26 triliun. Realisasi kredit ini tumbuh signifikian sebesar 26,7 persen year on year (yoy).

Sementara dana pihak ketiga (DPK) meningkat 16,8 persen menjadi Rp1,18 triliun. Sedangkan untuk laba 2023 tercatat sebesar Rp24,8 miliar, dan didukung oleh pendapatan bunga sebesar Rp203 miliar.

Adapun aset tercatat Rp1,54 triliun, meningkat 16,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Kinerja positif itu akan dilanjutkan pada periode 2024. Universal BPR ini menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 87 persen dan DPK sebesar 85 persen. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

8 mins ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

13 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

13 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

13 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

16 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

17 hours ago