UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 Catat Deal Business Matching Rp1,2 Triliun

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 Catat Deal Business Matching Rp1,2 Triliun

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 Catat Deal Business Matching Rp1,2 Triliun
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyelenggarakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022, yang menjadi salah satu langkah nyata dan komitmen BRI sebagai agent of development untuk turut memajukan UMKM Indonesia. Selain itu, program ini juga akan dapat mendorong pelaku UMKM untuk go global.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan bahwa multiplier effect dari UMKM sangat besar bagi ekonomi Indonesia. Kementerian Koperasi & UKM RI yang menunjukkan bahwa UMKM menyerap kurang lebih 119,6 juta tenaga kerja atau 96,92% dari total angkatan kerja di Indonesia.

“BRI juga terus mempersiapkan journey nasabah UMKM untuk bisa naik kelas dimana salah satunya adalah mendorong nasabah UMKM untuk bisa menembus pasar ekspor dan Go International melalui event ini yang kami sebut sebagai UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR”, kata Sunarso, Direktur Utama BRI, Kamis, 15 Desember 2022.

Sebagai bank yang berfokus pada sektor UMKM, lanjut Sunarso, BRI melihat peluang besar dari hasil karya anak bangsa yang dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain.

Selain itu dari tahun ke tahun, event ini semakin berkembang, baik dari nominal transaksi maupun jumlah negara maupun pesertanya. Jumlah UMKM yang mengikuti kegiatan ini semakin meningkat dari tahun ke tahun, tahun 2019 diikuti 115 UMKM dengan dealing transaksi Business Matching mencapai USD33,5 juta atau sebesar Rp520 miliar, tahun 2020 diikuti 423 UMKM Showcase & 150 UMKM bazzar dengan dealing transaksi Business Matching mencapai USD57,5 juta atau Rp890 miliar, tahun 2021 diikuti 500 UMKM bazzar online dengan dealing Business Matching mencapai USD65 juta atau Rp1 triliun, dan tahun 2022 kali ini diikuti  500 UMKM bazzar online dan 250 UMKM showcase dengan dealing Business Matching mencapai USD75 juta atau Rp1,2 triliun.

“Dari hasil kegiatan Business Matching ini juga akan bisa didapatkan preferensi dan trend pasar internasional. Kegiatan Virtual Business Matching UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 ini menghasilkan 241 Business Matching Activity dengan total deal sebesar USD76,7 Juta atau sekitar Rp1,2 triliun,” ujar Sunarso.

Terdapat peningkatan lebih dari 30% pada buyers participant dan lebih dari 40% dari negara participant dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Lewat sesi kegiatan Virtual Business Matching ini buyers internasional bertemu dan saling bernegosiasi dengan UMKM sampai terjadi transaksi bisnis yang saling menguntungkan.

Terdapat 500 UMKM Bazzar Online dan 250 UMKM showcase pilihan yang siap memperlihatkan keunikan, kualitas, dan kisah dibalik produk, bahan baku serta material ramah lingkungan, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses produksi yang beragam kepada audience nasional hingga 40 buyers internasional dari 20 negara.

“Event ini menjadi perwujudan komitmen BRI dalam meningkatkan social value creation dengan berperan aktif dalam mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas serta kualitas dari UMKM dan produk UMKM di Indonesia sehingga produk-produk UMKM Indonesia dapat berkompetisi di pasar dalam negeri maupun luar negeri,” terang Sunarso.

Semangat BRI dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR ini juga sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan proporsi UMKM dalam komposisi ekspor Indonesia menjadi 17% pada 2024.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan bahwa UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR ini menjadi saat yang tepat untuk meneruskan semangat Presidensi G-20 yang baru saja berlangsung di Bali.

“Ajang ini menjadi momentum yang tepat bagi UMKM tanah air bukan hanya menunjukkan kualitas produknya, tetapi juga menjadi kesempatan menunjukkan bahwa UMKM ikut mendukung dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) misalnya prinsip konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, menjaga ekosistem darat dan laut, serta mendukung penciptaan pekerjaan yang layak bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ucapnya.

Sementara itu, Manteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan, kolaborasi antara Kementerian BUMN, Kemenkop UKM, dan BRI di edisi ke 4 UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 ini selaras dengan ‘Gerakan Bangga Buatan Indonesia’ dan Bangga Berwisata Indonesia.

“Kerja kompak kita betrsama untuk mendorong UMKM untuk menyerap tenaga kerja perlu sangat diapresiasi,” ujarnya.

Sebagai informasi, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 diselenggarakan secara offline pada 14-18 Desember 2022 di Jakarta Convention Center (JCC). Selain itu, Rangkaian acara dan informasi terkait UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 dapat di akses melalui www.brilianpreneur.com dan Youtube Bank BRI. Pada website tersebut seluruh masyarakat dapat menikmati virtual expo hingga area Indonesian Finest. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]