Internasional

Ukraina Berhasil Rebut Delapan Desa yang ‘Dikuasai’ Rusia

Jakarta – Sejak dimulainya serangan balasan terhadap Rusia, pasukan Ukraina dikabarkan telah berhasil merebut kembali delapan permukiman selama dua minggu terakhir, termasuk Piatykhatky di wilayah Zaporizhzhia.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan, pada Senin (19/6), pasukan Ukraina telah membebaskan wilayah seluas 113 kilometer persegi.

Dalam aksi baku hantam tersebut, lecutan senjata tak bisa dihindari yang terjadi di wilayah Belgorod Rusia, terletak di sebelah perbatasan dengan Ukraina, melukai tujuh warga sipil.

Melansir VOA Indonesia, dalam postingan Telegram milik Gubernur Wilayah Belgorod Vyacheslav Gladkov diketahui bahwa serangan itu menghantam beberapa bangunan tempat tinggal.

Sementara itu, pejabat Rusia lainnya mengatakan penembakan yang dilakukan oleh Ukraina menghantam dua desa di wilayah Kursk.

Baca juga: Hasil Investigasi: Rusia Dalang Ledakan Bendungan Kakhovka Ukraina

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan dalam penilaian terbarunya pada Senin (19/6/2023), bahwa pasukan Rusia sangat mungkin mengerahkan kembali ribuan tentara dari tepi timur Sungai Dnipro untuk menjadi pasukan bantuan bagi pasukan Rusia di daerah Bakhmut dan Zaporizhzhia.

Sejauh ini, belasan orang tewas sementara 31 lainnya belum ditemukan setelah banjir yang disebabkan oleh rusaknya bendungan itu.

Hampir 900 rumah terendam air dan lebih dari 3.600 orang telah dievakuasi. Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan para insinyur dan pakar bahan peledak, mereka menemukan bukti yang menunjukkan adanyan bahan peledak di lorong yang melewati dasar beton bendungan sengaja diledakkan.

“Bukti jelas menunjukkan bendungan itu lumpuh akibat ledakan yang dipicu oleh pihak yang mengendalikannya yakni Rusia,” kata New York Time,dikutip, Senin 19 Juni 2023. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

12 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

12 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

12 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

15 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

16 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

17 hours ago