Keuangan

Tutup Tahun 2019, Penyaluran Modalku Rp11 Triliun 

Jakarta – Penyaluran pinjaman grup Modalku mencapai lebih dari Rp11 triliun pada tutup tahun 2019. Pinjaman ini diberikan kepada lebih dari 1,4 juta jumlah pinjaman UMKM di Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Pencapaian ini pun bertumbuh hampir 3 kali lipat dibanding tahun 2018. Hal ini tentunya didorong oleh berbagai inisiatif yang dilakukan Modalku untuk menciptakan dampak positif bagi perekonomian Indonesia dengan menjangkau lebih banyak UMKM.

Iwan Kurniawan, Co-Founder & COO Modalku, mengatakan tahun 2019 merupakan tahun yang membanggakan bagi Modalku. Namun, hal itu masih menjadi awal dari perjalanan. Sebab, jika dilihat dari data OJK, masih terdapat financial gap sebesar 1.000 triliun yang perlu diisi untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

“Tahun ini (2020), Modalku akan fokus melakukan penetrasi pasar serta meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih cepat dan fleksibel. Harapannya semakin banyak UMKM yang bisa mendapatkan akses pendanaan dan merasakan dampak positif dari solusi yang diberikan Modalku,” ujar Iwan dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.

Selain itu, kolaborasi menjadi kunci di tahun 2019 dan akan dilanjutkan di tahun 2020. Berbagai produk dan kerjasama baru diluncurkan untuk merangkul segmen UMKM yang berbeda-beda, seperti pedagang pasar melalui Modal Pasar, merchant online melalui kerjasama dengan e-commerce, serta pedagang warung. Kerjasama dengan BPR juga dilakukan melalui skema pendanaan bersama. Status Modalku yang telah mendapatkan izin usaha dari OJK turut menjadi pencapaian perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Modalku.

Sementara, portofolio transaksi pinjaman Modalku pada tahun 2019 cukup didominasi dari e-commerce dan invoice financing. Jenis pinjaman yang berjangka pendek dengan bunga terjangkau cukup diminati karena sesuai dengan kebutuhan bisnis mayoritas UMKM.

Sebagai informasi, Modalku menyediakan layanan peer-to-peer (P2P) lending, di mana peminjam (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pemberi pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital. Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia di bawah nama Funding Societies. Hingga bulan Januari 2020, Grup Modalku telah berhasil menyalurkan pinjaman usaha hampir Rp 12 triliun. (*) Ayu Utami

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

17 hours ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

17 hours ago

CIMB Niaga Apresiasi Nasabah dengan XTRA XPO 2024

Pengunjung tengah memadati acara CIMB Niaga XTRA XPO, yg digelar di Jakarta. Direktur Consumer Banking… Read More

17 hours ago

Bank Jatim Bukukan Laba Bersih Rp620,86 Miliar di Semester I 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) membukukan laba bersih sebesar… Read More

17 hours ago

BEI: Jumlah Investor Saham Tembus 6 Juta SDI

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah berhasil mencatatkan pencapaian baru dari jumlah investor… Read More

19 hours ago

BI Hentikan Publikasi JIBOR Mulai 1 Januari 2026

Jakarta – Bank Indonesia (BI) akan menghentikan secara permanen publikasi Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) mulai 1 Januari 2026.… Read More

19 hours ago