Perbankan

Tumbuh 28,4 Persen, Laba Bersih PermataBank Jadi Rp2,6 Triliun di 2023

Jakarta – PT Bank Permata Tbk (“PermataBank” atau “Bank”) berhasil mencatatkan kinerja positif selama 2023. Bank yang dinahkodai Meliza M. Rusli sebagai direktur utama ini berhasil membukukan laba bersih Rp2,6 triliun atau tumbuh 28,4 persen year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meliza menjelaskan hasil kinerja PermataBank yang positif di tahun 2023 ini akan terus dipertahankan pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan di masa depan melalui pertumbuhan kredit dengan prinsip kehati-hatian.

“Bersinergi lebih erat dengan kapabilitas Bangkok Bank sebagai induk kami, untuk membangun reputasi regional yang lebih kuat di masa mendatang,” ungkapnya dalam public expose pada Kamis, 7 Maret 2024 di Jakarta.

Baca juga: Sah! Bank Mandiri Tebar Dividen Rp33,03 Triliun, Setara 60 Persen dari Laba 2023

Rudy Basyir Ahmad, Direktur Keuangan PermataBank menjelaskan, raihan laba bersih PermataBank ditopang oleh pendapatan usaha bank yang tumbuh sebesar 9,3 persen secara tahunan menjadi Rp12,1 triliun.

“Pendapatan tersebut dikontribusi oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 9,6 persen sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit di tahun 2023,” ungkapnya.

Dari sisi intermediasi, kredit PermataBank pada 2023 memang tumbuh sebesar 4,3 persen yoy menjadi Rp142,2 triliun. Ini didorong oleh pertumbuhan porsi penyaluran kredit korporasi sebesar 6,1 persen yoy.

Kemudian, pendapatan operasional sebelum provisi (PPOP) meningkat menjadi Rp5,9 trilliun atau tumbuh sebesar 18,6 persen yoy dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun Rasio Loan to Deposit (LDR) meningkat menjadi 74,8 persen di Desember 2023 dibandingkan 68,9 persen pada Desember 2022 sejalan konsistensi untuk melakukan optimalisasi neraca bank.

Pengelolaan kualitas aset dan portfolio kredit tetap terjaga dan tercermin dalam rasio Gross NPL dan Loan at Risk (LAR) PermataBank di Desember 2023 pada level masing-masing 2,9 persen dan 8,7 persen, semakin membaik dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya, masing-masing pada level 3,1 persen dan 10,9 persen. 

Adapun rasio NPL coverage dan rasio LAR coverage masing-masing di level 288 persen dan 94 persen.

Baca juga: Bank Woori Saudara Targetkan Laba Tumbuh 17,91 Persen di 2024, Intip Strateginya

Kemudian, PermataBank berhasil membukukan rasio Cost to Income (CIR) yang baik menjadi 51,5 persen pada Desember 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 55,1 persen.

Dari sisi pendanaan, total dana pihak ketiga (DPK) tercatat Rp188,3 triliun dengan tetap fokus untuk meningkatkan dana murah CASA, dimana rasio CASA terjaga di level 55 persen.

Rasio permodalan PermataBank adalah salah satu yang terkuat di antara bank komersial terbesar di Indonesia, dengan rasio CAR dan CET-1 masing-masing sebesar 38,7 persen dan 29,5 persen. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

4 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

6 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

6 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

6 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

7 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

21 hours ago