Categories: News UpdatePerbankan

Tumbuh 13%, BCA Bukukan Laba Rp20,9 Triliun di Kuartal III-2019

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) hingga kuartal III-2019 membukukan laba bersih sebesar Rp20,9 triliun. Realisasi laba tersebut tercatat tumbuh 13% secara tahunan atau year on year (yoy). Tercatat laba periode yang sama pada tahun sebelumnya hanya sebesar Rp18,5 triliun.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyebut, peningkatan laba tersebut lebih ditopang oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar Rp37,4 triliun atau meningkat 12,2% YoY dan pendapatan operasional yang sebesar Rp15 triliun atau tumbuh 19,3%

“Kepercayaan nasabah pada layanan keuangan BCA telah mendukung pencapaian kinerja bisnis BCA yang berkelanjutan. Bank terus menciptakan inovasi-inovasi untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin berkembang,” kata Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Senin 28 Oktober 2019.

Jahja menambahkan, keunggulan dalam transaksi terus mendukung peningkatan dana inti BCA yang berupa dana giro dan tabungan (CASA). BCA mencatat pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar 10,4% menjadi Rp683,1 triliun dengan kontribusi CASA sebesar 75.2% dari total dana pihak ketiga.

CASA tumbuh 7,6% YoY menjadi Rp513,9 triliun ditopang oleh tingginya pertumbuhan jumlah transaksi, khususnya pada e-channels. Sementara itu, deposito berjangka meningkat 19,7% YoY menjadi Rp169,2 triliun.

Selain itu, BCA juga terus mempentahankan rasio keuangan yang solid. Rasio kecukupan modal (CAR) dan rasio kredit terhadap dana pihak ketiga (LDR) tercatat pada level yang sehat masing-masing sebesar 23,8% dan 80,6%. Rasio pengembalian terhadap aset (ROA) tercatat sebesar 4%.

“Fokus dalam menjaga posisi likuiditas dan permodalan yang solid serta kualitas kredit yang sehat akan menopang kinerja bisnis BCA secara berkelanjutan,” tukas Jahja Setiaatmadja. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Mengenal Sosok Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Jadi Calon Menteri Kabinet Prabowo

Jakarta - Veronica Tan, mantan istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok turut dipanggil Presiden Terpilih… Read More

6 hours ago

Siap Gabung Kabinet Prabowo-Gibran, Erick Thohir: Amanah Ini akan Saya Jalankan Sebaik Mungkin

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menjadi salah satu tokoh yang… Read More

6 hours ago

Yusril Ihza Mahendra Ditugaskan Prabowo jadi Menko Hukum dan HAM

Jakarta - Salah satu tokoh yang dipanggil presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Jalan… Read More

6 hours ago

Inilah Daftar Nama Calon Menteri yang Dipanggil Presiden Terpilih Prabowo

Jakarta - Sederet ketua umum partai, pengusaha, hingga menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipanggil… Read More

7 hours ago

Yuk, Intip Deretan Wajah Lama Menteri yang Dipanggil Prabowo ke Kertanegara

Jakarta – Jelang enam hari pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakilnya Gibran Rakabuming Raka… Read More

7 hours ago

Masuk Kabinet Prabowo, Airlangga: Penugasan Sesuai Bidang Selama Ini Saya Geluti

Jakarta - Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto ke kediamannya di Jalan… Read More

8 hours ago