Keuangan

TUGU Jadi Asuransi Umum dengan Likuiditas Paling Solid, Ini Buktinya

Jakarta – PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance/TUGU) tercatat sebagai perusahaan asuransi umum dengan tingkat likuiditas terbaik dibandingkan perusahaan asuransi umum lainnya, terutama di antara yang berstatus perusahaan publik.

Mengacu pada laporan keuangan bulanan induk non-konsolidasi (tidak diaudit), TUGU mencatatkan rasio kecukupan investasi sebesar 618 persen per September 2024. Rasio tersebut meningkat dibandingkan akhir tahun lalu. Sebagai informasi, rasio kecukupan investasi TUGU per Desember 2023 berada di 541 persen.

Analis Kiwoom Sekuritas Abdul Azis menilai kenaikan rasio investasi menunjukkan likuiditas perusahaan yang sangat baik. “Kecukupan investasi di asuransi umum menunjukkan seberapa tinggi risiko likuiditas. Semakin tinggi dan di atas 100 persen, maka risiko likuiditas semakin rendah” ungkapnya.

Baca juga: Kinerja Moncer, Tugu Insurance Boyong 2 Penghargaan di Top 20 Financial Institutions Award 2024

Untuk diketahui, rasio kecukupan investasi merupakan perbandingan antara investasi, kas dan bank terhadap cadangan teknis retensi sendiri, utang klaim retensi sendiri dan utang klaim kepada tertanggung.

Secara sederhana, rasio kecukupan investasi merupakan rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan asuransi untuk memenuhi kewajiban kepada pemegang polis.

Azis menjelaskan, tingkat rasio kecukupan investasi TUGU merupakan tertinggi jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya yang berstatus sebagai perusahaan ‘tbk’.

“Median rasio kecukupan investasi peers per akhir September 2024 ada di angka 250-300 persen. Untuk perusahaan asuransi umum dengan size modal di atas Rp1 triliun, kecukupan investasi dan likuiditas TUGU paling baik” tambahnya.

Baca juga: Saham TUGU Diproyeksi Bisa Tembus ke Level Rp1.990, Ini Pendorongnya

Menurutnya, tingginya rasio kecukupan investasi TUGU menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan, tidak hanya oleh nasabah, tetapi juga investor. Meskipun kebijakan moneter mulai dilonggarkan, Azis menilai bahwa dengan likuiditas yang kuat, perusahaan asuransi dapat mempertahankan resiliensi di tengah berbagai tantangan ekonomi.

“Pada akhirnya perusahaan asuransi umum dengan kecukupan investasi yang tinggi seperti TUGU akan menarik nasabah karena mereka tidak perlu khawatir bahwa risiko mereka tidak ter-cover. Selain itu, ini juga bisa menjadi tesis investasi yang kuat bagi pemodal yang memiliki minat di sektor asuransi umum.” Jelasnya.

Kinerja Solid di Kuartal III

Memasuki musim rilis laporan keuangan, Azis juga optimistis bahwa tren pertumbuhan kinerja konsolidasian TUGU akan berlanjut hingga kuartal III-2024, bahkan sampai akhir tahun.

Berdasarkan laporan keuangan bulanan induk non-konsolidasian (tidak diaudit) per akhir September 2024, TUGU berhasil mencatatkan premi bruto senilai Rp4,4 triliun.

Perolehan premi tumbuh 38 persen secara year-on-year. Sedangkan laba usaha asuransi mencapai Rp616 miliar atau naik 36 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Asal tahu saja, laporan keuangan bulanan tersebut belum mengonsolidasikan kinerja keuangan TUGU dan anak usahanya. Laporan keuangan konsolidasian untuk September 2024 diperkirakan rilis menjelang akhir Oktober 2024. (*)

Yulian Saputra

Recent Posts

Pembayaran Contactless Global Naik 80 Persen: Indonesia Harus Segera Beradaptasi

Bali - Mehdi Elhoussine, Managing Director Idemia, salah satu perusahaan terkemuka di dunia dalam solusi… Read More

22 mins ago

Pluang Rilis Opsi Saham AS: Inovasi Investasi untuk RI

Jakarta - Pluang sebagai platform investasi dan perdagangan multi-aset, mengumumkan peluncuran perdagangan opsi saham Amerika… Read More

1 hour ago

Sritex Pailit, Kemnaker Minta Jangan Buru-buru PHK Karyawannya

Jakarta - Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro… Read More

2 hours ago

Soal Rencana Prabowo Putihkan Utang Nelayan dan Petani, Begini Kata Bank Mandiri

Jakarta – Bank Mandiri sebagai salah satu bank pelat merah menyambut baik rencana Presiden Prabowo Subianto terkait pemutihan… Read More

2 hours ago

BEI Sebut Saham Sritex (SRIL) Penuhi Kriteria Delisting

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex/SRIL)… Read More

2 hours ago

Sritex Dinyatakan Pailit, Bagaimana Nasib Karyawannya?

Jakarta - PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) atau Sritex, emiten tekstil legendaris di Tanah… Read More

2 hours ago