Lifestyle

Traveling jadi Gaya Hidup Milenial, Perbankan Kecipratan Untung

Jakarta – Traveling atau jalan-jalan semakin dipandang sebagai gaya hidup masa kini yang tidak bisa terlewatkan. Hal ini benar adanya. Pasalnya, apabila berkunjung ke pameran travel agent hampir sebagian besar pengunjungnya adalah kaum milenial yang berburu tiket.

“Jalan-jalan itu sudah seperti gaya hidup. Karena pekerjaan sudah pusing banget ya, jadi pengen ada healing-healing lah,” Kata Tony (26), kepada Infobanknews, saat ditemui di Cathay Pacific Travel Fair 2023, dikutip 5 Agustus 2023.

Rencananya, karyawan swasta yang bekerja di bilangan Sudirman ini akan melakukan perjalanan wisata ke Jepang pada akhir tahun 2023. Seluruh persiapan sudah jauh-jauh hari dipersiapkan dengan matang.

Baca juga: American Tourister Find Fun Anywhere jadi Inspirasi Kaum Milenial Berlibur Seru

“Tinggal mencari tanggal saja yang cocok. Kebetulan tadi sudah dibantu oleh pihak travel agent untuk kepastian tanggal keberangkatan,” akunya.

Senada, Helena (30), memang sengaja datang ke pameran perjalanan untuk berburu tiket plesiran yang biasanya dibanderol lebih murah oleh pihak travel agent.

“Saya sengaja datang ke sini untuk berburu tiket liburan. Biasanya ada promo-promo spesial yang ditawarkan travel agent dan bank-bank yang bermitra,” terangnya.

Meski belum memutuskan negara tujuan liburan, namun dirinya memilih Kawasan Asia sebagai destinasi favorit seperti Hongkong, Soul dan Tokyo.

Ceruk Bisnis Bagi Perbankan

Rupanya, industri perbankan pun sudah melirik tren berwisata yang kini sudah menjadi gaya hidup kaum milenial. Melihat tingginya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata baik ke dalam dan ke luar negeri, pelaku perbankan berlomba menggelar pameran wisata.

Salah satunya PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan Cathay Pacific. Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakanseiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk berwisata ke mancanegara, CIMB Niaga kembali menggencarkan program-program travel dengan promo menarik.

“Kami memberikan promo yang lebih besar dari pameran kali ini yaitu voucher diskon hingga Rp6,8 juta berupa cashback,” katanya.

Baca juga: Gara-Gara Sindrom FOMO, Banyak Milenial Terjerat Pinjol Ilegal

Dengan memanfaatkan promo yang tersedia, nasabah bisa menikmati liburan berkesan dengan biaya yang lebih hemat. Di antara destinasi internasional yang ditawarkan dalam pameran ini yaitu tiket pulang pergi (PP) dari Jakarta ke kota-kota besar dunia dengan harga special.

Misalnya seperti Hong Kong (mulai dari Rp4,3 juta), Seoul (mulai dari Rp4,9 juta), Tokyo (mulai dari Rp5,6 juta), London (mulai dari Rp11,3 juta), dan tujuan wisata pilihan lainnya.

Selain program tersebut, para pemegang kartu kredit CIMB Niaga juga dapat menikmati beragam keuntungan menarik lainnya. Mulai dari nilai tukar mata uang asing yang kompetitif, proteksi perjalanan melalui asuransi perjalanan Travel Xtra dari Sompo.

Hingga konversi Asia Miles yang menguntungkan bagi pemegang kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate dan CIMB Niaga Visa Platinum, serta fasilitas airport lounge di sejumlah bandara terkemuka di dunia.

Perihal pertumbuhan transaksi kartu kredit pada penyelenggaraan travel fair mengalami lonjakan positif. Dalam penyelenggaraan travel fair sebelumnya dengan Cathay Pacific pada awa tahun 2023, transaksinya naik hingga dua kali lipat sebesar Rp50 miliar.

“Transaksi kartu kredit hingga kuartal II-2023 naik di kisaran 50-60 persen. Event travel seperti ini turut mendorong pertumbuhan kartu kredit kami,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

2 hours ago

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

15 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

15 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

15 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

18 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

19 hours ago