Transaksi Agen BRI Link Tembus Rp1.400 Triliun dalam Setahun

Transaksi Agen BRI Link Tembus Rp1.400 Triliun dalam Setahun

Transaksi Agen BRI Link Tembus Rp1.400 Triliun dalam Setahun
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta –Transaksi yang dilakukan oleh agen BRI Link telah mencapai Rp1.400 triliun dalam waktu setahun terakhir. Hal ini diungkapkan Sunarso, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam webinar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute dengan tema “Tren Perbankan di Tahun 2023”, Selasa, 17 Januari 2023.

Sunarso menjelaskan transaksi yang berasal dari 590 ribu agen BRI Link tersebut dilatarbelakangi oleh karakteristik nasabah ultra mikro BRI, dimana, menurut hasil survei yang dilakukan BRI untuk mencari karakteristik nasabah ultra mikro menunjukkan bahwa nasabah ultra mikro lebih membutuhkan institusi keuangan yang melekat secara lokal, karena salah satu alasannya mayoritas nasabah ultra mikro tidak memiliki cash flow yang tetap.

“Ini fakta dan realitasnya. Padahal agen-agen ini termasuk bagian dari hybrid bank. BRI adalah institusi keuangan yang melokal. Mereka (nasabah ultra mikro) prefer berbank dengan agen,” ungkap Sunarso.

Ia menambahkan, nasabah ultra mikro juga memiliki karakteristik penting lain, diantaranya sudah familiar dengan digital platform meskipun penetrasi smartphone masih rendah, memiliki limited knowledge tentang produk keuangan, serta pembayaran menggunakan uang tunai atau cash masih menjadi transaksi dominan yang dilakukan sehari-hari.

Kedepannya dalam merespons tren digitalisasi tahun 2023, BRI telah bersiap untuk mengembangkan sistem hybrid bank. Artinya, di sisi digital, BRI melakukan digitalisasi dalam core system, ekosistem digital, serta digital proportition. Sementara di sisi konvensional, BRI tetap mengembangkan agen-agen BRI Link untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan nasabah ultra mikro. (*) Ayu Utami

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]