Yuk Intip Manfaat Vaksin untuk Manusia

Yuk Intip Manfaat Vaksin untuk Manusia

Jakarta – Kehadiran vaksin untuk penanganan Covid-19 di Indonesia dijadwalkan segera terealisasi. Pemerintah pun telah memastikan finalisasi pembelian vaksin dari tiga perusahaan produsen vaksin Covid-19 luar negeri.

Namun, seberapa besarkah manfaat vaksin bagi manusia? Berikut manfaat vaksin mengutip situs satgas penanganan Covid19.

1 Vaksin bisa melindungi diri, menyelamatkan jiwa, keluarga, dan masyarakat dari berbagai penyakit menular dan berbahaya.

2 WHO meyebutkan 2-3 juta jiwa terselamatkan setiap tahunnya di seluruh dunia. Sejak vaksin ditemukan, sejumlah penyakit yang dulu mematikan, atau membuat kelumpuhan semakin jarang, bahkan punah.

3 Vaksin mebentuk kekebalan tubuh, untuk melawan suatu penyakit dengan lebih cepat dan ampuh.

4 Tidak hanya untuk individu, vaksin memberi perlindungan bagi orang-orang yang tidak dapat di imunisasi, contohnya pada orang di usia tertentu atau orang dengan penyakit tertentu.

5 Semua vaksin yang tersedia untuk masyarakat sudah melalui uji keamanan dan efektivitas yang ketat, termasuk uji klinis sebelum disetujui untuk diproduksi dan dapat digunakan.

6 Jika terdapat cukup bayak orang di masyarakat yang diimunisasi, maka dapat mengurangi penyebaran, memutus rantai penularan, dan menghentikan wabah. Sehingga terbentuk kekebalan kelompok.

7 Hampir semua rasa tidak nyaman atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) bersifat ringan dan sementara. KIPI yang bersifat sangat langka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.