UOB Jalin Kemitraan Strategis Bidang Pendidikan dengan Museum MACAN

UOB Jalin Kemitraan Strategis Bidang Pendidikan dengan Museum MACAN

Jakarta – United Overseas Bank (UOB) dengan bangga mengumumkan kemitraan strategis dengan museum MACAN sebagai Major Education Partner. Kemitraan ini sekaligus mengukuhkan dukungan lintas sektor dalam bidang seni dan pendidikan yang berfokus pada pendidikan seni budaya khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

Dimana kerjasama tersebut sejalan dengan misi utama program tahunan Museum MACAN yakni menyajikan seni kepada publik melalui ragam kegiatan pendidikan terpadu. Termasuk diantaranya adalah pameran khusus dan koleksi Museum MACAN yang meliputi lebih dari 800 karya seni modern dan kontemporer dan berkolaborasi dengan museum dan institusi international.

Kevin Lam, Presiden Direktur PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) mengatakan, filosofi bisnis UOB berpusat pada kontribusi sosial kami kepada masyarakat, dimana fokus utama UOB adalah pada pengembangan bidang seni, pendidikan dan masa depan anak-anak yang lebih cerah.

“Kami bangga dengan dimulainya kerjasama strategis yang menempatkan UOB sebagai Major Education Partner Museum MACAN. Sejalan dengan misi Museum MACAN dalam pendidikan, kami percaya bahwa seni memiliki kekuatan untuk menginspirasi dan menghubungkan masyarakat. UOB mendukung Program Pendidikan Museum MACAN, termasuk UOB Children’s Art Space yang akan membantu membuka peluang bagi anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka,” jelas Kevin Lam melalui keterangan resminya di Jakarta, Selasa 10 April 2018.

Baca juga: UOB Kerjasama dengan SMI Dukung Proyek Infrastruktur

Sejak Museum MACAN diresmikan pada bulan November 2017, Children’s Art Space juga hadir sebagai ruang pendidikan yang dikhususkan untuk anak-anak di Museum yang menampilkan karya oleh seniman Indonesia terkemuka, Entang Wiharso.

Sebagai bagian dari kemitraan dengan UOB, setiap tahunnya UOB Children’s Art Space akan menampilkan karya-karya artistik dua seniman muda Indonesia. Mengikuti karya Entang Wiharso yang bertema Floating Garden, karya artistik seniman berikutnya di UOB Children’s Art Space akan diumumkan segera.

Aaron Seeto, Director of Museum MACAN mengatakan, pihakbya mengapresiasi dengan dimulainya kemitraan Museum MACAN dengan UOB sebagai Major Education Partner Museum MACAN.

“Pendidikan merupakan misi utama MACAN, dan hal ini sejalan dengan fokus tanggung jawab sosial UOB, yaitu seni, pendidikan, dan anak-anak. Melalui program dan dukungan dari mitra kami, kami akan terus menawarkan kesempatan kepada publik untuk memiliki akses dan menyelami dunia seni,” kata Aaron.

Melalui misi utamanya dalam bidang pendidikan, Museum MACAN telah menyambut lebih dari 50 sekolah ke Museum melalui Tur Anak-Anak (Children’s Tour) dan memberikan Panduan Museum Anak-Anak (Children’s Museum Guide) untuk meningkatkan interaksi mereka dengan seni.

Kemitraan UOB Museum MACAN Major Education mencakup kerjasama dalam berbagai program kegiatan antara lain kunjungan Sekolah ke Museum dimana setiap bulannya, Museum MACAN akan mengundang tiga hingga empat sekolah negeri di Jakarta dan sekitarnya, serta menyasar lebih dari 1.000 murid setiap tahunnya.

Selain itu terdapat juga program School Outreach dimana tim Pendidik Museum MACAN akan melakukan kunjungan
reguler ke berbagai sekolah melalui pertemuan dengan guru pendidik dan kepala sekolah dengan tujuan memperkenalkan kurikulum MACAN dalam pendidikan seni sekolah tersebut dan berbagai program lain.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.