Tracing Salah Satu Upaya Putus Rantai Covid-19

Tracing Salah Satu Upaya Putus Rantai Covid-19

Jakarta – Contact Tracing atau pelacakan kontak merupakan bagian dari 3T (Testing, Tracing, Treatment) yang merupakan upaya untuk memutuskan rantai penularan COVID-19.

Dengan pelacakan kontak, ketika seseorang terkena COVID-19, maka dapat diidentifikasi orang-orang yang telah berkontak dengan orang tersebut, kemudian menginformasikan orang-orang yang mungkin terpapar virusnya dan mengisolasi orang-orang yang terjangkit COVID-19 untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Kendati demikian, mengutip situs satgas covid-19, Jumat, 20 November 2020, upaya 3T juga harus berjalan beriringan dengan disiplin 3M, Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun.

Seperti diketahui, pandemi covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir, tentu membuat banyak orang mengalami kecemasan bahkan stres. Kondisi ini tidak akan berakhir, jika salah satu dari kita tidak disiplin terapkan protokol kesehatan.

Melihat hal itu, tentu perlu tekad yang kuat dan harus kompak dilakukan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan 3 M.

Penerapan 3M dan 3T adalah satu paket upaya yang tidak dapat dipisahkan untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Jika ada segelintir orang saja di masyarakat yang tidak disiplin menerapkan 3 M. Jangan harap pandemi ini berakhir dengan cepat.

Penyebaran utama COVID-19 adalah melalui droplet, yaitu cipratan liur berukuran sangat kecil yang bisa menyebar saat sedang berbicara, bersin, atau batuk.

Untuk menghindari droplet yang sudah terkontaminasi virus corona memasuki tubuh kita melalui mulut, hidung, atau mata, maka protokol kesehatan tetap diutamakan, dimanapun anda berada. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.