Tips Isolasi Mandiri di Rumah dari Tugu

Tips Isolasi Mandiri di Rumah dari Tugu

Jakarta – Penambahan kasus Covid-19 yang tinggi membuat kapasitas rumah sakit terisi dengan cepat. Untuk itu, bagi mereka yang memilki gejala ringan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan selama isolasi mandiri? Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan.

  1. Ruang terpisah
    Pertama, upayakan kamar tidur terpisah dari anggota keluarga lainnya yang negatif Covid-19. Ruangan terpisah ini adalah salah satu upaya untuk menerapkan jaga jarak bagi mereka yang positif Covid-19 dan tidak. Dengan penerapan yang baik, virus tidak akan menular ke anggota keluarga lain.
  2. Pisahkan alat makan
    Kedua, jangan berbagi alat makan. Upayakan untuk memisahkan alat makan pasien isoman dan tidak. Tujuannya untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19.
  3. Gunakan kamar mandi berbeda
    Ketiga, jika memang memungkinkan, gunakan kamar mandi yang terpisah. Sekali lagi, pemisahan ruangan ini adalah upaya untuk memberikan jaga jarak antara pasien isoman dan tidak.
  4. Sedia alat kesehatan
    Keempat, siapkan alat kesehatan seperti termometer, oxymeter, dan tensimeter dan lakukan pengukuran secara periodik.Jika terjadi suhu tubuh berada di atas 38 derajat Celsius ataupun saturasi oksigen berada di bawah angka 93, langsung infokan kepada petugas pemantau atau fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) serta keluarga untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.
  5. Selalu terapkan protokol kesehatan
    Kelima, tetap terapkan protokol kesehatan di dalam rumah. Sering mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker, serta menjaga jarak minimal 2 meter dengan sekeliling menjadi keharusan walaupun berada di rumah sendiri.

Kemudian, pastikan juga anda memiliki nomr telepon darurat untuk layanan kesehatan. Saat ini, terdapat berbagai layanan diberikan kepada masyarakat, salah satunya adalah layanan pelayanan ambulans gratis bagi pasien Covid-19.

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk menyediakan layanan ini. Layanan ambulans gratis Tugu Insurance sudah dilengkapi dengan standar kelengkapan medis.

Selain itu, layanan ini bisa di akses melalui nomor telepon 0857 8090 3897 untuk memberikan layanan pengantaran pasien COVID-19 yang mengalami gejala cukup berat ke Rumah Sakit yang dituju. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.