Tips Berbelanja di Supermarket Saat Pandemi Covid19

Tips Berbelanja di Supermarket Saat Pandemi Covid19

Saat pandemi Covid19 masuk ke Indonesia, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan physical distancing dengan tidak keluar rumah, kecuali untuk hal yang penting, misalnya berbelanja bahan makanan.

Namun, untuk menghindari resiko terpapar Covid19, saat berbelanja bahan makanan di supermarket, ada beberapa hal yang perlu dilakukan diantara:

Hindari Belanja di Jam Sibuk

Hindari berbelanja pada jam sibuk untuk menghindari keramaian. Dengan begitu, risiko untuk terpapar virus Corona dari orang lain juga akan lebih rendah.

Anda bisa berbelanja pada pagi hari ketika supermarket baru saja buka atau pada malam hari menjelang supermarket tutup.

Kenakan Masker

Saat bepergian keluar rumah untuk berbelanja, jangan lupa untuk mengenakan masker. Pastikan masker yang digunakan dapat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna.

Seperti diketahui, penyebaran Covid19 bisa terjadi melalui tetesan dan partikel di udara yang terbentuk ketika ada orang bersin, batuk maupun lewat bicara.

Selalu Bawa Hand Sanitizer

Dalam berbelanja di supermarket hand sanitizer penting dibawa, untuk membersihkan tangan usai memegang troli atau keranjang belanja yang sering dipegang oleh orang lain. Pilihlah hand sanitizer yang mengandung alkohol dengan kadar minimal 60%.

Selalu Jaga Jarak

Saat keluar rumah, penting untuk selalu menerapkan physical distancing di mana pun berada, termasuk saat berbelanja. Usahakan untuk selalu menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain, baik itu penjual, petugas supermarket, maupun sesama pembeli.

Pilih Metode Pembayaran Nontunai (cashless)

Jika memungkinkan, gunakan metode nontunai atau cashless untuk membayar belanjaan selama pandemi COVID-19.

Jika terpaksa menggunakan uang tunai atau kartu untuk membayar, segera bersihkan tangan dengan hand sanitizer setelah menerima uang kembalian atau memencet tombol di mesin EDC. Ingat, jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci. (*)




Leave a Reply

Your email address will not be published.