Tingkatkan Literasi Keuangan, MAMI Luncurkan Komik Juki

Tingkatkan Literasi Keuangan, MAMI Luncurkan Komik Juki

Jakarta – PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) dan PT Elex Media Komputindo (Elex Media) bersama Pionicon meluncurkan komik edukasi finansial dan reksa dana Si Juki vs Dompet Kosong di Jakarta pada Kamis, 24 Mei 2018. Komik ini merupakan bagian dari upaya MAMI untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang investasi reksa dana.

Kami terus melakukan beragam cara untuk memperkenalkan reksa dana ke masyarakat luas.  Untuk melakukan edukasi yang efektif bagi generasi muda, kami tahu kami harus membuat sesuatu yang berbeda.  Komik Si Juki vs Dompet Kosong tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik para pembacanya yang mayoritas generasi muda,” kata Presiden Direktur MAMI Legowo Kusumonegoro di Sampoerna Strategic Jakarta, Kamis 24 Mei 2018

Legowo menambahkan, melalui komik ini pihaknya berharap agar edukasi reksa dana dapat menjadi lebih ringan, lebih menyenangkan, dan lebih mudah dimengerti. Dimana setelah membaca komik ini, para pembacanya dapat mulai tergerak untuk belajar mengelola keuangannya dengan lebih baik, mulai mengenal reksa dana, dan terhindar dari iming-iming investasi bodong.

Faza Meonk, Creative Director Pionicon yang juga kreator komik Si Juki menambahkan, Komik Si Juki vs Dompet Kosong merupakan tantangan bagi dirinya dimana sebelumnya pihaknya selalu mengeluarkan komik dengan tujuan menghibur.

Baca juga: Manulife Aset Keuangan Dukung Inklusi Reksa Dana Dengan 3i

“Pada komik ini kami ditantang untuk menambahkan konten edukasi tentang reksa dana yang sebenarnya cukup berat. Kami harus membuat konten tentang reksa dana ini menjadi ringan dan tetap menghibur,” tambah Faza.

Melalui komik ini juga diperkenalkan karakter baru yakni Erna (Edukasi Reksadana). Karakter bini lebih paham mengenai pengelolaan keuangan dan lebih banyak memberikan informasi. Sedangkan Juki sering salah kaprah dalam memaknai informasi yang diberikan.

“Saya berharap filosofi dasar yang ingin dibagikan oleh MAMI ke para pembaca Si Juki dapat tersampaikan, sehingga komik ini bisa menjadi buku yang bukan hanya menghibur, tetapi sekaligus mendidik, khususnya dalam literasi keuangan,” kata Ida Bagus Kade Syumanjaya, Fiction Editorial Manager Elex Media.

Untuk menjangkau masyarakat luas, komik Si Juki vs Dompet Kosong telah tersedia di seluruh toko buku Gramedia.  Selain itu, pada acara peluncuran komik, MAMI sekaligus menyumbangkan komik Si Juki vs Dompet Kosong untuk 29 universitas negeri yang tersebar di 20 provinsi. Dalam menyalurkan donasi komik ini, MAMI bekerja sama dengan Karya Salemba Empat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.