Suahasil: Prospek Ekonomi 5,05% Masih Optimis

Suahasil: Prospek Ekonomi 5,05% Masih Optimis

Jakarta – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memandang, proyeksi pertumbuhan ekonomi RI pada 2019 yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi di angka 5,05 persen sudah menunjukan optimisme tinggi. Menurutnya angka pertumbuhan tersebut merupakan kepercayaan tinggi terhadap pelaku bisnis.

“Estimasi kami akhir tahun di 5,05 persen ini pertumbuhan yang tinggi, yang memberi momentum untuk punya optimisme,” kata Suahasil dalam Market Outlook 2020 Mandiri di Jakarta, Rabu 4 Desember 2019.

Suahasil mengatakan, gejolak perekonomian global dengan adanya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China masih membayangi ekonomi domestik. Tak hanya itu, persoalan brexit hingga kondisi ekonomi yang terjadi di kawasan amerika latin juga masih membayangi.

Suahasil menambahkan, berdasarakan analisa IMF (Organisasi Dana Moneter Internasional) sendiri pertumbuhan ekonomi dunia pada tahun depan hanya mencapai 3,4 persen. “Tapi kalau tahun ini 3,0 (persen), rasanya estimasi IMF ke depan akan direvisi ke bawah, perdagangan hanya turun 1,1 persen. Ini terendah sejak krisis global 2008-2009,” ucapnya.

Sebelumnya, ditengah perlambatan ekonomi global, Presiden Jokowi pada (2/12) di Istana Negara menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi RI hingga akhir tahun 2019 dan 2020 mendatang hanya mentok pada kisaran 5,04 persen hingga 5,05 persen. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News