Satgas Covid: OTG Tak Dianjurkan Isolasi Mandiri di Rumah

Satgas Covid: OTG Tak Dianjurkan Isolasi Mandiri di Rumah

Denpasar – Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, pasien covid-19 yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Menurutnya, isolasi di rumah dapat menyebarkan virus covid-19 ke anggota keluarga lain atau bahkan ke tetangga sekitar rumah. “Terutama rumah yang secara aturan tidak memadai, karena dampaknya dengan cepat menulari anggota keluarga yang lain,” kata Doni saat rapat kerja dengan Satgas Penanganan Covid-19 se-Bali secara virtual, Jumat, 9 Oktober 2020.

Presiden Joko Widodo pun sebelumnya telah menugaskan Satgas Covid-19 untuk melayani provinsi yang menjadi prioritas agar bagi pasien berstatus OTG bisa dirawat di tempat karantina atau hotel sehingga mendapatkan pemantauan dari petugas medis gabungan dari Dinas Kesehatan, dibantu unsur TNI, Polri dan Satpol PP.

Tak hanya itu, lanjut Doni, bagi pasien berstatus OTG harus memiliki kesadaran untuk dipindahkan ke hotel atau tempat karantina terlebih pasien yang tidak memiliki falitas kesehatan di rumah.

Sementara itu, kasus covid-19 secara nasional masih terus bertambah. Sebagai informasi tambahan saja, Satgas Covid-19 mencatatkan adanya penambahan kasus covid-19 sebanyak 4.094 kasus pada data terbaru sore hari ini (9/10).

Dikutip dari laman covid19.go.id. total kasus aktif berjumlah 65.314 kasus. Sementara bila dilihat secara kumulatif nasional jumlah kasus konfirmasi positif mencapai 324.5658 kasus.

Sedangkan untuk jumlah pasien sembuh bertambah 3.607 orang sehingga total pasien sembuh ada 247.667 orang atau setara dengan 76,3% dari total komulatif. Sedangkan pasien yang meninggal pada hari ini (9/10) bertambah 97 orang, sehingga total ada 11.677 pasien Covid-19 yang meninggal atau setara dengan 3,6% dari total komulatif. (*)

Related Posts

News Update

Top News