Rupiah Flat, Investor Tunggu Pengumuman Cadangan Devisa

Rupiah Flat, Investor Tunggu Pengumuman Cadangan Devisa

Jakarta–Kepala Riset PT MNC Securities, Edwin Sebayang mengatakan, para investor saat ini sedang menanti pengumuman jumlah cadangan devisa Bank Indonesia (BI) yang dikhawatirkan akan menghambat penguatan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS.

Kendati demikian, untuk pergerakan rupiah hari ini, dia memprediksi, laju rupiah cenderung bergerak flat (datar) di level Rp13.495-13.630 per US$. Hal tersebut sejalan dengan belum adanya ketidakpatian bank sentral AS (The Fed) terkait dengan rencananya untuk menaikan suku bunganya.

Menurutnya, The Fed masih akan mempertimbangkan dua data penting untuk menaikkan suku bunga acuannya, yakni hasil data ketenagakerjaan dan inflasi AS. Jika kedua data tersebut dirilis dan hasilnya bagus, maka kecenderungan suku bunga AS untuk naik akan semakin besar.

“Pengumuman data ketenagakerjaan dan inflasi AS juga yang paling ditunggu-tunggu pelaku pasar,” ujar Edwin dalam risetnya di Jakarta, Rabu, 4 November 2015.

Lebih lanjut dia menilai, naiknya suku bunga AS tentu akan memberikan dampak negatif bagi mata uang Rupiah, sehingga rupiah diperkirakan akan kembali tertekan. “Jika nanti data pekerja bagus diperkirakan The Fed pasti akan naikkan suku bunganya pada Desember,” tutupnya. (*) Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News