Rupiah ditutup Menguat di Rp14.035/US$

Rupiah ditutup Menguat di Rp14.035/US$

Jakarta – Dalam perdagangan sore hari ini (20/1) nilai tukar rupiah terhadap dolar as ditutup di level Rp14.035/US$ atau menguat 45 point bila dibandingkan dengan penutupan sebelumnya di level Rp14.080/US$.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai, investor mencerna komentar dari calon Menteri Keuangan AS Janet Yellen yang menyerukan agar lebih banyak pengeluaran bantuan Covid-19.

“Yellen membuat komentar selama sidang konfirmasi Senat di hadapan Komite Keuangan Senat pada hari Selasa, dengan alasan bahwa manfaat ekonomi dari stimulus yang besar akan jauh lebih besar daripada risiko beban hutang yang lebih tinggi,” kata Ibrahim di Jakarta, Rabu 20 Januari 2021.

Sementara itu, investor juga fokus pada proposal paket stimulus US$1,9 triliun untuk meningkatkan ekonomi dan mempercepat distribusi vaksin Covid-19. Tercatat jumlah kematian akibat virus di AS telah melampaui angka 401.000 kasus dan jumlah kasus di negara itu sudah mencapai 24 juta pada hari ini (20/1). Sementara itu jumlah kasus secara global telah mencapai 96 juta.

Dari dalam negeri, kondisi covid-19 yang terus meningkat membuat Pemerintah berencana memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Pulau Bali guna menekan laju penularan virus corona Covid-19.

“Tujuan dari pemerintah adalah agar covid-19 bisa tertekan dan masyarakat secara berangsur-angsur mendapatkan vaksinasi sehingga penularan covid-19 bisa di kendalikan,” ucap Ibrahim.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (20/1) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.065/US$ terlihat menguat dari posisi Rp14.086/US$ pada perdagangan kemarin (19/1). (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News