Rupiah Dibuka Menguat ke Rp14.710/US$

Rupiah Dibuka Menguat ke Rp14.710/US$

Jakarta – Nilai tukar rupiah pada hari ini (14/10) dibuka pada posisi Rp14.710/US$ Nilai tukar tersebut menguat 0,10 poin dibanding perdagangan Selasa (13/10) sore di level Rp14.725/US$.

Ibrahim Assuaibi selaku Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka menjelaskan, pelaku pasar sedang memantau demontrasi UU Omnibus Low beberapa hari ini.

“Pihak keamanan terus bersiaga dan mengawal demonstarsi agar tidak ada pihak penyusup yang memanfaatkan situasi tersebut tersebut sehingga demonstrasi berjalan lancar dan tidak terjadi anarkisme. Keamanan yang ketat menambah kepercayaan pasar sehingga apa yang ditakutkan oleh pasar akan terjadi huru hara menjadi sirna,” kata Ibrahim di Jakarta, Rabu 14 Oktober 2020.

Disamping itu, UU Omnibus Low yang sudah di setujui  DPR dan di sahkan oleh Pemerintah menurutnya akan membawa berkah bagi perkembangan ekonomi dimasa mendatang dan ini merupakan sejarah baru bagi  Indonesia yang telah memiliki UU Omnibus Low di mana Indonesia yang akan mengalami resesi di masa pandemi covid-19.

Selain itu, sentimen positif bisa saja datang dari keputusan Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI kemarin yang mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 4,00%.  BI sudah menahan bunga acuan ini 4 bulan berturut-turut. BI memandang bunga acuan tersebut masih inline dalam mendorong pemulihan ekonomi dari dampak pandemi COVID-19.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (14/10) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.780/US$ terlihat menguat dari posisi Rp14.793/US$ pada perdagangan kemarin (13/10). (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.