Rupiah Dibuka Menguat ke Rp14.120/US$

Rupiah Dibuka Menguat ke Rp14.120/US$

Jakarta – Nilai tukar rupiah pada hari ini (2/12) dibuka pada level Rp14.120/US$. Posisi tersebut menguat 0,05% jika dibandingkan perdagangan Selasa (1/12) sore di level Rp14.125/US$.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan, investor telah mengambil arahan dari kesaksian dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell dan Menteri Keuangan Steve Mnuchin pada Senin (30/11) kepada Komite Perbankan Senat.

“Keduanya mengatakan ekonomi AS sedang menuju pemulihan tetapi akan membutuhkan bantuan. Powell melanjutkan kesaksiannya di depan Kongres di kemudian hari dan pada hari Rabu, dan Fed bertemu untuk pertemuan kebijakan terakhirnya tahun 2020 pada 15 dan 16 Desember,” jelas Ibrahim di Jakarta, Rabu 2 Desember 2020.

Meski begitu, kata dia, investor masih khawatir atas lonjakan kasus covid-19 yang mengalami peningkatan cukup signifikan, bahkan Presiden Jokowi ikut mengomentari lonjakan covid-19 yang terjadi akhir-akhir ini. Ibrahim menilai, lonjakan covid-19 ini dapat mendorong Pemerintah DKI Jakarta kembali melakukan mengetatkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

“Guna untuk menghindari terjadinya Pengetatan PSBB di DKI Jakarta maka pemerintah dan masyarakat bahu- membahu bekerjasama untuk mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” tambah Ibrahim.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (2/12) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.164/US$ terlihat menguat dari posisi Rp14.178/US$ pada perdagangan kemarin (1/12). (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.