Rupiah dibuka Menguat ke 14.790/US$

Rupiah dibuka Menguat ke 14.790/US$

Jakarta – Nilai tukar rupiah pada hari ini (16/9) dibuka pada posisi Rp14.790/US$ dimana posisi tersebut tercatat menguat 0,37% bila dibandingkan pada penutupan perdagangan kemarin (15/9) di level Rp14.845/US$.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai investor sedang bernafsu memburu aset-aset berisiko karena ada kabar baik dari pengembangan vaksin anti-virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Setelah sempat berhenti, uji coba vaksin AstraZaneca yang bekerja sama dengan Universitas Oxford sudah dilanjutkan kembali.

“Ada perkembangan positif dari pengembangan vaksin anti-virus corona yang membantu mengangkat persepsi pelaku pasar,” kata Ibrahim di Jakarta, Rabu 16 September 2020.

Sementara sentimen dalam negeri, pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total di DKI Jakarta  sudah di mulai dan ternyata tidak terlalu total. Ibrahim menilai, pernyataan Anis Baswedan hanya bersifat retorika saja, padahal semula pasar begitu khawatir dengan implementasi PSBB di Ibukota.

“Sehingga pelaku pasar kembali lega dan bekerja seperti biasanya serta kekhawatiran gerak roda ekonomi akan seret kembali sirna.
Hari ini mata uang rupiah kemungkinan masih akan berfluktuatif,” ucap Ibrahim.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (16/9) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.844/US$ terlihat menguat dari posisi Rp14.870/US$ pada perdagangan kemarin (15/9). (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.