Realisasi BPUM Telah Menjangkau 8,6 Juta Pelaku UMKM

Realisasi BPUM Telah Menjangkau 8,6 Juta Pelaku UMKM

Jakarta – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengungkapkan, realisasi program Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM atau Banpres Produktif hingga 5 Mei 2021 telah diberikan kepada 8,6 juta pelaku UMKM.

“Pada bulan Mei data 5 Mei 2021 realisasi BPUM telah tersalur kepada 8,6 juta usaha mikro atau 88% dari target 9,8 juta pelaku usaha,” kata Teten dalam Webinar Infobank UMKM Milenial Summit 2021, Kamis 6 Mei 2021.

Pihaknya meyakini, angka tersebut akan terus tumbuh hingga mendekati target di lebaran tahun 2021 ini. Tak hanya itu, nenurutnya stimulis lain dari Pemerintah ke pelaku UMKM juga hadir melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dinilai sangat membantu keberlangsungan usaha UMKM.

“Lalu subsidi bunga KUR sebesar 3% ini sampai akhir tahun Desember 2021. Saya kira saya sudah mendapat laporan teman Himbara sekarang KUR kredit paling diminati di perbankan,” tambah Teten.

Menurutnya, berbagai stimulus tersebut telah mampu mendorong pemulihan ekonomi nasional sehingga pada Kuartal-I 2021 ekonomi RI mampu tumbuh -0,74%.

“Program pemerintah tersebut terbukti cukup tepat untuk menjaga UMKM untuk bisa bertahan dan survive dari pandemi covid. Kita lihat buktinya pertama Pertumbuhan Ekonomi mulai membaik -2,19% di kuartal 4 tahun lalu menjadi -0,74% di kuartal 1 tahun ini,” pungkas Teten. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News