Presiden Minta Pemda Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal

Presiden Minta Pemda Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta setiap pemerintah daerah (pemda) menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal. Tujuannya untuk semakin mempercepat program vaksinasi nasional sehingga kekebalan komunitas dapat segera tercapai.

“Harus ada yang dalam bentuk massal. Kumpulkan bisa di GOR, kumpulkan di balai kota dan jumlah yang banyak sehingga, secara harian kita bisa melakukan suntikan vaksin dalam jumlah yang banyak agar segera tercapai herd immunity,” kata Jokowi dalam keterangan virtualnya melalui YouTube Sekretariat Presiden, dikutip 14 Februari 2021.

Selain itu, Jokowi juga meminta vaksinasi di setiap fasilitas kesehatan terus bertambah. Meskipun demikian, vaksinasi massal oleh pemerintah daerah akan menambah jumlah masyarakat yang tervaksinasi dalam jumlah besar.

Sejauh ini, sudah ada lebih dari 1 juta tenaga kesehatan yang divaksinasi pada program vaksinasi tahap 1 menurut data Satgas Covid-19 per 13 Februari 2021. Sementara itu, sudah ada 415 ribu Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) yang divaksinasi pada program vaksinasi tahap 2. Rencananya, terdapat 1,46 juta SDMK yang menjadi sasaran vaksinasi pada tahap kedua ini. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.