Penerapan Kembali PSBB di Jakarta, bakal Buat Rupiah Tertekan

Penerapan Kembali PSBB di Jakarta, bakal Buat Rupiah Tertekan

Jakarta – Nilai tukar rupiah pada hari ini (10/9) dibuka pada level Rp14.767/US$. Posisi tersebut terlihat menguat 0,21 persen bila dibandingkan pada penutupan perdagangan kemarin (9/9) di level Rp14.799/US$.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meski dibuka menguat, nilai tukar rupiah masih berpotensi sangat tertekan menanggapi rencana kebijakan Pemprov DKI Jakarta mengenai penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Rupanya pasar lebih menanggapi isu dalam negri yaitu penerapan PSBB kembali yang mendorong pelemahan rupiah,” kata Ariston di Jakarta Kamis 10 September 2020.

Menurutnya, penerapan PSBB di jakarta yang merupakan pusat bisnis di Indonesia dikhawatirkan bisa menganggu pemulihan ekonomi di Indonesia sehingga menjadi sentimen negatif untuk pasar.

“Dikhawatirkan rupiah bergerak ke potensi pelemahan Rp14.850/US$ hingga Rp14.900/US$,” tukas Ariston.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (10/9) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.871/US$ terlihat melemah dari posisi Rp14.853/US$ pada perdagangan kemarin (9/9). (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.