Penerapan 3T Dinilai 100% Ampuh Putus Penyebaran Covid-19

Penerapan 3T Dinilai 100% Ampuh Putus Penyebaran Covid-19

Jakarta – Kasubbid Tracking Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) dr. Kusmedi Priharto mengungkapkan, beberapa penelitian lembaga dunia menyatakan bahwa penerapan 3T yakni Testing, Tracing, dan Treatment ampuh 100% memotong penularan Covid-19.

“Penerapan 3T itu bisa memutus penyebaran sampai 100% untuk tidak menularkan covid-19,” kata Kusmedi pada diskusi virtual dengan tema Berburu Zona Hijau: Testing, Tracing, Treatment yang dipantau di Jakarta, Kamis, 19 November 2020.

Meskipun begitu, dirinya tetap mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan ditengah proses 3T. Menurutnya, dengan memakai masker bila keluar rumah  mampu menahan penularan virus 5% hingga 90%.

Sementara protokol kesehatan jaga jarak juga bisa menahan penyebaran virus hingga 100%. Ia mengatakan bagi masyarakat yang tidak mau membantu pemerintah dalam menerapkan 3T, justru akan merugikan diri sendiri sebab tujuan tracing ialah memotong tali penyebaran virus.

“Mereka yang mau dites kemudian rela untuk melakukan isolasi atau karantina bila dia positif itu justru pahlawan-pahlawan kemanusiaan yang bisa memutus rantai penularan,” tukasnya. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.