Pendeteksian Dini Gejala Covid-19 Sangat Penting

Pendeteksian Dini Gejala Covid-19 Sangat Penting

Gejala covid-19 dapat dirasakan setelah 5-6 hari, atau selambatnya 14 hari, sejak terpapar virus. Masa inkubasi virus yang cukup panjang ini membuat pendeteksian dini gejala penyakit COVID-19 jadi penting.

Artinya, semakin dini diketahui virus covid-19, maka akan membantu meringankan gejalanya agar tidak semakin berat.

Beberapa gejala yang harus diketahui diantaranya, gejala umum yakni, demam, rasa lelah dan batuk kering. Ada yang mengalami rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare.

Seperti diketahui, sebagian penderita ada yang tidak menunjukkan gejala apapun, saat dinyatakan terpapar covid-19. Sehingga penting untuk kita selalu terapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun) bahkan walau vaksin kelak sudah tersedia.

Penyebaran utama covid-19 sendiri adalah melalui droplet, yaitu cipratan liur berukuran sangat kecil yang bisa menyebar saat sedang berbicara, bersin, atau batuk.

Untuk menghindari droplet yang sudah terkontaminasi virus corona memasuki tubuh kita melalui mulut, hidung, atau mata, maka protokol kesehatan tetap diutamakan, dimanapun anda berada. (*)

Related Posts

News Update

Top News