Pemerintah Jamin Rantai Penyimpanan Vaksin Aman Hingga ke Pelosok

Pemerintah Jamin Rantai Penyimpanan Vaksin Aman Hingga ke Pelosok

Jakarta – Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe memastikan Pemerintah telah menjamin keamanan proses vaksinasi dari mulai produsen pembuat vaksin hingga sampai ke puskesmas di pelosok daerah.

Dirinya menjelaskan, dalam pendistribusian vaksin Pemerintah telah memiliki berbagai pengalaman sebelumnya mulai dari vaksinasi polio hingga hepatitis. Oleh karena itu, dirinya mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir dalam menjalani vaksinasi.

“Semua dijamin karena sudah ada sistemnya yang sudah berjalan bertahun-tahun di Indonesia seperti untuk perlengkapannya sendiri, peralatan yang diperlukan apa saja dan sebagainya,” kata Dirga dalam diskusi virtual bertema ‘Jalan Panjang Vaksin Sampai ke Tubuh Kita’, Jumat 20 November 2020.

Dirga menambahkan, program vaksinasi tidak bisa dipisahkan dari ketersediaan rantai dingin (cold chain) mulai dari produsen hingga ke Puskesmas agar mampu menjaga serta menjamin kualitas vaksin yang diberikan kepada pasien dan masyarakat.

Rantai dingin atau cold chain terdiri dari lemari es dan freeze untuk menyimpan vaksin, serta disiapkan termos (vaksin carrier) untuk membawa vaksin ke tempat pelayanan vaksinasi, terutama untuk kegiatan di luar gedung atau lapangan.

“Ada gimana caranya ini bisa sampai ke pelosok-pelosok tadi itu ya cold chain atau rantai dingin itu sistemnya sudah berjalan dan 97% sistem ini semuanya berjalan dengan baik jadi tidak perlu khawatir,” tukas Dirga. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.