Pemerintah Berupaya Amankan Ketersediaan Vaksin

Pemerintah Berupaya Amankan Ketersediaan Vaksin

Jakarta – Pemerintah akan berupaya berikan perlindungan bagi tenaga kesehatan dan seluruh masyarakat dari pandemi covid-19 dengan pastikan ketersediaan vaksin gratis bagi seluruh kalangan.

Untuk penuhi imunitas kelompok (herd immunity) terhadap covid-19, sekitar 181 juta orang di Indonesia harus divaksinasi.

Dengan memperhitungkan bahwa satu orang butuh 2 dosis vaksin dan menyiapkan 15% sebagai cadangan sesuai dengan ketentuan WHO, maka total vaksin yang dibutuhkan Indonesia adalah sekitar 426 juta dosis vaksin.

Untuk itu, mengutip situs satgas penanganan covid-19, sampai saat ini pemerintah sudah siapkan 5 jalur pengadaan vaksin, 4 dalam perjanjian bilateral dengan Sinovac, Novavax, AstraZeneca, dan BioNTech-Pfizer , serta 1 perjanjian multilateral dengan GAVI.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada 3 juta dosis vaksin covid-19 dari Sinovac dalam bentuk jadi yang tiba di Indonesia. Minggu depan, rencananya ada 15 juta bahan baku vaksin yang tiba di Indonesia. Dari 3 juta dosis vaksin ini, 700 ribu di antaranya sudah dikirim ke daerah-daerah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.