Pasar Modal dan IKNB Diminta Fasilitasi Pembiayaan Jangka Panjang

Pasar Modal dan IKNB Diminta Fasilitasi Pembiayaan Jangka Panjang

Jakarta–Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap agar pembiayaan-pembiayaan yang bersifat jangka panjang tidak hanya bersumber dari sektor perbankan saja, melainkan bisa juga bersumber dari industri pasar modal dan industri keuangan non bank (IKNB).

Hal ini, kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, sejalan dengan perluasan pemanfaatan sektor jasa keuangan untuk pembiayaan-pembiayaan bagi korporasi yang memerlukan sumber dana jangka panjang, sehingga bisa berkontribusi besar dalam mendorong perekonomian nasional.

Menurut Muliaman, pembiayaan jangka panjang bagi perusahaan besar atau korporasi tersebut, dikhususkan untuk perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur, mengingat industri manufaktur memiliki peran penting dalam mendorong kegiatan ekonomi nasional.

“Peran manufaktur begitu penting, keterkaitan antar sektor dan derivatifnya itu sangat besar,” ujar Muliaman di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 15 Januari 2016.

Selain itu, penguatan peran sektor jasa keuangan dalam meningkatkan kegiatan ekonomi nasional, dapat melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta penguatan sektor ekonomi prioritas melalui penyediaan pembiayaan jangka panjang.

“Ini dapat mendorong tercapainya struktur pembangunan ekonomi kita lebih baik dan dapat mendukung upaya pencapaian pertumbuhan yang lebih tinggi,” tutup Muliaman. (*) Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News