OJK: Masterplan Industri Keuangan Rilis Tahun Ini

OJK: Masterplan Industri Keuangan Rilis Tahun Ini

Jakarta–Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya mendorong industri keuangan semakin berkembang dan memperbesar kontribusi terhadap perekonomian.

“Akses keuangan itu saya pikir sudah mejadi hak dasar manusia saat ini,” tukas Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad dalam diskusi bersama media di Bandung, belum lama ini.

Dalam mencapai kerangka industri jasa keuangan yang kontributif, stabil dan inklusif, OJK segera merilis rencana besar yang disebut Masterplan Sektor Jasa Keuangan Indonesia.

Muliaman menjelaskan, pentingnya menjaga stabilitas sistem keuangan sebagai landasan bagi pembangunan yang berkelanjutan. “Pilar pertama kita buat daya tahannya, leniency ketika kemudian gejolak itu datang. Penguatan modal, aspek keuangan mempresentasikan kemampuan bank dalam melawan gejolak agar tetap stabil,” tuturnya.

Ia melanjutkan, bahwa setelah stabil sektor jasa keuangan harus bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional. “Mengoptimalkan peran sektor jasa keuangan dalam mendukung percepatan, pertumbuhan ekonomi nasional,” ucapnya.

Pilar terakhir, dan yang menjadi sangat penting adalah inklusif dalam mewujudkan kemandirian finansial masyarakat serta mendukung upaya peningkatan pemerataan daalam pembangunan.

“Inklusif ini harus terus ditingkatkan agar mudah diakses oleh seluruh masyarakat agar bisa memanfaatkan layanan jasa keuangan. OJK juga ingin agar tidak hanya tersentuh layanan jasa keuangan tapi masyarakat bisa terberdayakan,” tegas Muliaman.

Ia menekankan, bahwa OJK tengah menggodok masterplan ini agar bisa segera diterbitkan sehingga dapat dijadikan patokan atau panduan industri keuangan mulai tahun depan. (*) Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.