Nih Dua Pendekatan Bursa Dalam Mengimplementasi Sistem XBRL

Nih Dua Pendekatan Bursa Dalam Mengimplementasi Sistem XBRL

Pihak bursa mengklaim, jika implementasi ini berjalan dan dirasakan baik, sistem ini dapat di adopsi oleh banyak pihak. Dwitya Putra

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengimplementasi pelaporan keuangan emiten berbasis ‎Extensible Business Reporting Language (XBRL) dengan beberapa tahapan.

Tahap pertama, bursa akan melakukan implementasi kuantitatif report yang bersifat angka-angka. Setelah itu tahap kedua, BEI akan masuk ke implementasi kualitatif report.

Tahapan ini diklaim dapat mempermudah investor dalam mendapatkan pelaporan maupun analisa.

“Jadi ini akan memudahkan BEI dan investor. Laporan datang cepat, akurat baik pelaporan ataupun analisa,” kata ‎Direktur Penilaian Perusahaan Samsul Hidayat, dalam acara XBRL Asia Roundtable (XART) 2015‎ di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Jika implementasi ini berjalan dan dirasakan baik, sistem ini dapat di adopsi oleh banyak pihak.

Sehingga untuk ke depannya, pihak Bursa berharap ada perbaikan dari‎ sisi informasi yang disampaikan pelaku pasar (investor). Sistem ini juga dapat mempermudah investor dalam mengambil tindakan dan keputusan.

“‎Jadi kalau financial report yang disampaikan BEI kan empat kali dalam setahun, kalau gunakan metode manual cukup lama dalam menganalisa dan distribusinya,” tutup Samsul. (*)

@dwitya_putra14

Related Posts

News Update

Top News