Mu’min Ali Raih Penghargaan Top 10 Most Outstanding People 2020

Mu’min Ali Raih Penghargaan Top 10 Most Outstanding People 2020

Jakarta – Bankir senior Mu’min Ali Gunawan dianugerahi penghargaan “Top 10 Most Outstanding People 2020” oleh Majalah Infobank dan The Asian Post, Kamis, 26 November 2020. Pendiri Bank Panin itu dinilai telah memberikan kontribusi besar bagi perkembangan industri perbankan di Tanah Air.

Bankir kelahiran Jember, 12 Maret 1939, mendapat penghargaan bergengsi itu bersama sembilan tokoh nasional yang juga dinilai memiliki kontribusi besar bagi bangsa ini sesuai bidang yang mereka geluti.

Kesembilan tokoh tersebut adalah Luhut Binsar Panjaitan, Menko Kemaritiman dan Investasi Indonesia; Letjen TNI Doni Monardo, Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB); Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kabareskrim Polri; Ignasius Jonan, mantan Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM; Sofyan Basir, mantan Dirut BRI dan PLN; Suryopratomo, Dubes RI di Singapura, Liu Su Mei, Ketua Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia; dan Undang Suryaman, pendiri sekolah gratis.

“Top 10 Most Outstanding People” adalah daftar 10 tokoh yang luar biasa pilihan Dewan Redaksi Infobank dan The Asian Post. Mereka dipilih tidak hanya karena memiliki peran di bidangnya tapi juga mampu melakukan dan melahirkan sesuatu yang luar biasa dengan hasil maupun cara yang lebih unggul dari orang lain.

“Mereka adalah sosok-sosok yang memiliki commitment tinggi dan sangat capable di bidangnya sehingga meraih achievement yang tinggi menjadi figur yang menonjol,” ujar Eko B. Supriyanto, Pemimpin Redaksi Infobank, saat memberikan kata sambutan.

“Top 10 Most Outstanding People 2020” adalah penghargaan tahun ketiga sejak pertama kali digelar tahun 2018. Setelah sebelumnya tahun 2010 menobatkan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan dalam award yang sama.

Beberapa tokoh yang pernah meraih penghargaan ini antara lain Presiden Joko Widodo, mantan Wapres Boediono, mantan Gubernur BI Agus DW Martowardojo, D.S. Setijoso, Direktur Utama, founder Gojek Nadiem Makarim, Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Gubernur BI Perry Warjiyo, founder Mayapada Group Dato’ Sri Tahir, dan Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja.

Mu’min Ali dinilai layak masuk jajaran Top Most Outstanding People karena setidaknya memiliki tiga legacy yang memberi kontribusi besar, tak hanya kepada industri perbankan, tapi juga kepada perekonomian nasional.

Pertama, terkait kebijakan penggabungan (merger) bank untuk memperkuat permodalan. Mu’min dan bankir senior Mochtar Riady-lah dua bankir nasional yang mengawali ide merger pada tahun 1970, jauh hari sebelum kebijakan itu menjadi kebijakan regulator.

Kedua, Mu’min Ali tercatat sebagai bankir yang berhasil membawa Panin Bank sebagai bank pertama di Indonesia yang melakukan go public. Langkah ini membawa dampak positif bagi Bank Panin sebagai bank dengan tingkat governance yang tinggi.

Ketiga, Mu’min Ali berhasil membawa Bank Panin sebagai satu-satunya bank kelompok BUKU IV yang tidak pernah meminta bantuan likuiditas Bank Indonesia maupun obligasi rekapitalisasi.

“Prestasi dan legacy yang luar biasa ini tak lepas dari dedikasi yang tinggi Pak Mu’min Ali terhadap profesi bankir yang di atas rata-rata. Beliau sosok yang tekun dan pekerja keras, sehingga berhasil membawa Bank Panin ke posisi seperti sekarang,” ujar Eko.

Eko yang sudah mengenal Mu’min Ali selama 30 tahun berkarier menjadi jurnalis perbankan tahu persis bagaimana kiprah dan track record Mu’min Ali dalam menjalankan bisnis banknya hingga besar menjadi konglomerasi sektor keuangan.

“Di bawah leadership-nya, Bank Panin yang akan memasuki usia 50 tahun, menjadi satu-satunya bank besar di kelompok BUKU IV yang tak pernah menyusahkan pemerintah. Ini sungguh prestasi yang luar biasa. Selamat ulang tahun emas Bank Panin. Sukses dan sehat selalu Pak Mu’min,” tutup Eko. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.