Mudah, Begini Cara Kenali Tawaran Investasi Bodong

Mudah, Begini Cara Kenali Tawaran Investasi Bodong

Jakarta – Saat ini, tawaran investasi marak beredar melalui pesan singkat maupun media sosial. Tawaran tersebut tak jarang menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Lalu, bagaimana cara mengenali investasi yang palsu dari yang asli?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui akun Instagramnya @ojkindonesia memberikan tips untuk menghindari investasi bodong semacam ini.

Pastikan anda memeriksa legalitas izinnya ke otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan dan gunakan aplikasi yang resmi untuk bertransaksi.

Untuk lembaga jasa keuangan yang terdaftar dan berizin di OJK, cek legalitasnya ke Kontak OJK 157 @kontak157, melalui telepon 157, WA 081 157 157 157, atau email konsumen@ojk.go.id.

Kemudian, tawaran investasi bodong juga sering mengaku sudah berizin OJK. Meskipun demikian, anda perlu mengecek keaslian surat izin tersebut. Caranya mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Surat Izin OJK yang Asli dilengkapi QR Code yang dapat dipindai dan terhubung dengan situs sipena.ojk.go.id.
  • Apabila Surat Izin yang kamu lihat tidak bisa dipindai atau surat yang ditampilkan berbeda dengan informasi yang ada di QR, dapat dipastikan suratnya palsu.
  • Hubungi Kontak 157 untuk cek langsung keaslian dan kebsahan surat.

Kewaspadaan digital akan mampu menghindarkan anda dari tawaran investasi bodong yang merugikan. Dengan demikian, uang anda akan semakin aman. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.