Menteri BUMN Dorong Anak Usaha Pertamina PIS Melantai di Bursa Tahun Ini

Menteri BUMN Dorong Anak Usaha Pertamina PIS Melantai di Bursa Tahun Ini

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada Rabu, 5 Mei 2021 meresmikan subholding pertama PT Pertamina (Persero) yaitu PT Pertamina International Shipping (PIS).

Dalam acara tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa dengan adanya peresmian ini, menjadi langkah awal bagi PIS untuk terus memperkuat posisinya di industri energi dari sisi marine dan logistik. Dirinya juga optimis PIS bisa melantai di bursa (IPO) pada tahun ini.

“Hari ini menjadi tanda peresmian subholding pertama dari Pertamina Group yaitu PT PIS. Saya harap ini dapat memacu PT PIS sebagai subholding shipping untuk terus meningkatkan kinerjanya agar dapat bersaing menjadi global player,” kata Erick di Jakarta, Rabu 5 Mei 2021.

Acara peresmian tersebut dilaksanakan dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury, Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Komisaris Utama Pertamina International Shipping A. Junaedy Ganie, dan jajaran Direksi Subholding Shipping.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, bahwa langkah strategis tersebut merupakan bagian dari rencana Pertamina untuk mengintegrasikan bisnis dari PT PIS yang nantinya tidak hanya mengelola kapal-kapal tetapi juga sampai pada bisnis
marine dan logistik.

“Saya harap PT PIS dapat menjalankan amanah yang telah diberikan oleh PT Pertamina (Persero), dengan terus mengembangkan bisnisnya, menangkap setiap peluang bisnis yang ada, dan terus fokus untuk menjadi urat nadi pendistribusian energi untuk negeri,” ujar Nicke.

Nicke juga berharap dengan terintegrasinya layanan shipping, marine dan logistic di bawah PIS akan memperkuat posisinya di sektor maritim melalui sinergi aset dan layanan di masa depan sehingga PIS dapat lebih berkembang dalam skala nasional maupun global serta menjalankan bisnisnya dalam rangka menunjang penggunaan green energy. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News