MDRT Ikut Dorong AAJI Capai Target 10 juta Agen

MDRT Ikut Dorong AAJI Capai Target 10 juta Agen

Jakarta – Jalur keagenan masih menjadi andalan industri asuransi jiwa dalam mendulang premi. Itu mengapa Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) terus mengejar target mencetak 10 juta agen.

Padakuartal pertama 2019, jumlah agen berlisensi mencapai 595.192 atau naik 0,5% secara year on year.  Menurut Ketua Umum AAJI, Budi Tampubolon, proses rekrutmen agen asuransi jiwa sejatinya berjalan ke arah target 10 juta agen. Sebab, setiap tahun, selain agen yang tersertifikasi yang jumlahnya mendekati 600 ribu agen itu, ada pula jumlah agen yang sudah mendaftar untuk disertifikasi namun belum lolos seleksi.

“Jadi yang belum lulus atau terdeterminasi itu banyak juga. Angkanya mungkin jutaan, kalau digabung dari tahun-tahun sebelumnya. Tetapi ini bukan hal yang jelek, tetap  ada hal positifnya Mereka yang tersertifikasi dan juga terdeterminasi itu sudah memiliki pemahaman yang baik tentang asuransi. Nah, dikemudian hari tidak menutup kemungkinan mereka kembali aktif,” jelas Budi di Jakarta, Selasa 23 Juli 2019.

Budi menjelaskan, saat ini agen asuransi sudah meninggalkan status ‘sales’ dan telah menjadi profesi pendamping nasabah dalam membuat perencanaan  keuangan (financial planner). Maka kompetensinya akan terus didorong oleh AAJI, salah satunya para agen asuransi diharapkan masuk dalam komunitas MDRT (Million Dollar Round Table), komunitas agen asuransi jiwa berlisensi global. “Komunitas MDRT tumbuh 30 persen dalam dua tahun terakhir. Perannya sangat besar bagi pertumbuhan industri asuransi jiwa,” ujar Budi.

Sementara Glen Alexander Winata, Country Chair MDRT Indonesia, mengungkapkan, per Juli 2019, jumlah anggota MDRT Indonesia mencapai 2.459 orang. Dengan jumlah ini, MDRT Indonesia tahun ini masuk dalam urutan ke 10 top member seluruh dunia, dan nomor tiga di Asia Tenggara, dibawah Thailand dan Vietnam.

Menurut Glen, posisi anggota MDRT Indonesia masih kalah dari Thailand dan Vietnam, karena di dua negara tersebut sejumlah perusahaan papan atas telah menjadikan MDRT sebagai standar kualifikasi dan kompetensi agennya. Tidak demikian dengan Indonesia. Dibandingkan dengan jumlah agen asuransi di Indonesia, jumlah agen MDRT Indonesia hanya 0,5 persen saja dibandingkan dengan jumlah agen yang ada saat ini yang mendekati 600 ribu.

“Jadi kami bersama AAJI mendorong MDRT bisa dijadikan panduan kualifikasi standar keagenan untuk perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Kita optimis untuk tahun 2020 dapat mencapai lebih dari 3.000 member MDRT Indonesia,” tegas Glen.(*)

Related Posts

News Update

Top News