Market Share Perbankan Syariah Ditargetkan 20% pada Tahun 2024

Market Share Perbankan Syariah Ditargetkan 20% pada Tahun 2024

Jakarta – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi optimistis market share (pangsa pasar) perbankan syariah ditargetkan bisa melesat mencapai 20% pada tahun 2024.

“Konsolidasi perbankan syariah diharapkan dapat memacu efisiensi operasional, sehingga meningkatkan daya saing, yang pada akhirnya market share perbankan syariah dapat terus naik hingga 20% pada 2024, sesuai masterplan ekonomi syariah Indonesia,” ujarnya, pada Webinar dan E-awarding Infobank 9th Sharia Awards 2020, Selasa, 27 Oktober 2020.

Menurutnya, ada beberapa hal yang membuat pihaknya optimis bahwa perbankan syariah dapat berkembang pesat ke depannya. Diantaranya sumber pendanaan yang berasal dari masyarakat muslim syariah, ataupun non muslim yang percaya pada sistem syariah, atau lembaga-lembaga bisnis dengan asas ekonomi syariah.

“Kedua, ada limpahan dana setoran haji yang cukup besar dan alokasi dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Ketiga, ditopang oleh regulasi dalam berbagai aktivitas operasional bank yang sudah jelas dari BI, OJK, dan lembaga lainnya yang terkait,” katanya.

Keempat, tambah Fathan unit usaha syariah (UUS) dapat memanfaatkan semua fasilitas bank induk dalam operasionalnya yang dapat menekan biaya operasional. Dan kelima, kinerja ROA, NPF beberapa UUS lebih baik daripada bank umum syariahnya.

Meskipun begitu, dirinya tetap menganjurkan perlunya perbaikan pada lembaga perbankan syariah, khususnya pada kualitas pelayanan.

“Bank syariah harus lebih kreatif dalam memberikan pelayanan atau service kepada konsumen karena berdasarkan survei, bank syariah belum kreatif dalam memberikan pelayanan kepada konsumen,” pungkasnya. (*) Steven Widjaja

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News