Mandiri Incar Penerbitan 4 Juta Kartu GPN Pada Tahun Ini

Mandiri Incar Penerbitan 4 Juta Kartu GPN Pada Tahun Ini

Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero)Tbk (Bank Mandiri) pada tahun ini optimis dapat menerbitkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebanyak 4 juta keping kartu. Penerbitan kartu berlogo GPN tersebut sebagai implementasi GPN yang telah diterbitkan Bank Indonesia (BI) pada akhir tahun 2017 lalu.

“Pada tahap pertama, Bank Mandiri akan menerbitkan kartu debit berlogo GPN sebanyak  4 juta keping hingga akhir tahun ini,” kata Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri, Hery Gunardi di Plaza Mandiri Jakarta, Senin 9 April 2018.

Dirinya menjelaskan, Mandiri sendiri rata-rata pembukaan rekening baru setiap tahunnya sekitar 1,3 juta nasabah. Angka tersebut diharapkan dapat diimplementasikan ke logo GPN yang baru.

Hery berharap, kehadiran kartu Mandiri debit berlogo GPN ikut menciptakan ekosistem sistem pembayaran nasional yang saling interkoneksi, interoperabilitas dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi, baik otorisasi, kliring maupun setelmen secara domestik.

Baca juga: Implementasikan GPN, Mandiri Terbitkan Kartu Debit Berlogo GPN

Selain itu, ditemui di tempat yang sama Pungky Purnomo Wibowo selaku Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) BI mengatakan, targetnya 31 Maret 2018 bank sudah siap untuk meluncurkan kartu berlogo GPN.

“BI meyakini GPN dapat menjadi solusi kepada masyarakat Indonesia. Pengembangan GPN secara bertahap saat ini. Perbankan diharap terintegrasi ke 1 lembaga swiching pada 31 Desember 2017 lalu, dan logo ditargetkan secara serentak 31 Maret 2018,” kata Pungky.

Pungky berharap, dengan penerbitan kartu Debit berlogo nasional ini dapat meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat Indonesia serta menciptakan cashless society.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.