Makin Berbahaya, Berikut Kiat Untuk Hindari Serangan Siber

Makin Berbahaya, Berikut Kiat Untuk Hindari Serangan Siber

Jakarta – Saat ini, sudah menjadi rahasia umum bahwa ancaman serangan siber terus meningkat setiap harinya. Baru-baru ini, salah satu penyedia minyak terbesar di Amerika Serikat, Colonial Pipeline diserang virus ransomware. Serangan siber tersebut “menyandera” kegiatan operasional perusahaan dan menyebabkan kelangkaan bensin di bagian selatan AS. 

Ondrej Kubovic, Security Awareness Specialist ESET menyebut, saat ini serangan siber seperti ransomware terus meningkat dan semakin parah. Setiap industri bisa saja menjadi target sasaran para oknum kriminal, tak terkecuali sektor industri finansial. Untuk itu, ia membagikan kiat-kiat agar setiap perseroan mampu terhindar dan meminimalisasi ancaman serangan siber.

1. Pelatihan bagi setiap pekerja

Pertama dan yang terutama, Ondrej menyarankan agar setiap perseroan mampu memberikan edukasi keamanan digital yang merata bagi setiap karyawan dan pekerja. Mulai dari level teratas di manajemen hingga seluruh karyawan harus mengetahui bahaya-bahaya dasar yang terdapat di Internet.

“Satu kali salah klik saja, mampu melumpuhkan bisnis hingga berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu,” ujarnya pada paparan virtualnya, 8 Juni 2021. 

2. Penguatan kata sandi

Kemudian, kebijakan penguatan password atau kata sandi juga harus mulai diterapkan oleh setiap perusahaan. Kata sandi yang lebih kuat dan unik akan semakin mempersulit para oknum kejahatan untuk membobol sistem keamanan. Dengan demikian, langkah sederhana ini bisa menambah tingkat keamanan digital di setiap lini perusahaan.

3. Selalu lakukan pembaruan sistem

Pembaruan sistem juga menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan keamanan digital. Jaga sistem operasi, aplikasi keamanan, VPN, dan perangkat lunak lain di komputer selalu dalam versi terbarunya. Melalui pembaruan, komputer perusahaan akan mampu menangkal virus-virus komputer baru yang berkembang setiap harinya.

4. Tambahkan perlindungan berlapis

Selain memperkuat kata sandi, memberikan perlindungan berlapis pada sistem komputer juga bisa menambah keamanan digital. Penambahan perlindungan seperti autentikasi dua faktor dapat meningkatkan keamanan sistem. Penambahan metode keamanan pada sistem anda akan membuat sistem perusahaan dan data penting semakin sulit dibobol.

5. Miliki cadangan sistem dan data

Lalu, perlindungan ekstra bisa anda dapatkan dengan memiliki cadangan sistem dan data terpisah. Jika suatu saat sistem mengalami gangguan, cadangan data ini akan membantu operasi layanan kembali lebih cepat. Untuk itu, penting bagi setiap perseroan untuk memiliki cadangan data dan sistem yang terpisah serta memperbaharuinya secara berkala. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.