Kinerja Asuransi Berbanding Lurus dengan Pertumbuhan Ekonomi

Kinerja Asuransi Berbanding Lurus dengan Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta – Industri asuransi nasional masih mengalami tekanan ditengah pandemi covid-19. Bukan hanya persoalan trust atau kepercayaan masyarakat (nasabah), namun kinerja asuransi juga dibayangi oleh pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Chairman Infobank Institute Eko B Supriyanto dalam acara InfobankTalkNews Media Discussion dengan tema: “Peluang dan Tantangan Asuransi di Era Digital” yang dilaksanakan pada Kamis, 30 Juli 2020.

“Pertumbuhan asuransi mengikuti pertumbuhan ekonomi. Kalau ekonomi amsyong kinerja asuransi juga amsyong,” kata Eko.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Mei 2020 perolehan premi bruto industri asuransi jiwa tumbuh negatif lebih dalam hingga negatif 12,54% lebih rendah dari perolehan tahun 2019 yang negatif 0,38% atau senilai Rp185,33 triliun.

Eko menilai, hal tersebut wajar terjadi lantaran adanya pembatasan sosial yang mengakibatkan perekonomian nasional terpukul sesuai dengan yang telah diproyeksikan Pemerintah.

“Penurunan ekonomi Indonesia diperkirakan akan mengalami kontraksi, akan sampai -5%. Dan tahun kemarin itu kita masih tumbuh 5% kita lihat di KKSK ada sedikit kurang koordinasi menurut saya,” tambah Eko.

Oleh karena itu menurutnya Pemerintah harus terus memperhatikan industri keuangan non bank khususnya asuransi untuk menjaga pertumbuhan bisnis ditengah tekanan ekonomi saat pandemi. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.