Kemenkes Gelar Vaksinasi Drive Thru bagi Lansia dan Pekerja Pariwisata

Kemenkes Gelar Vaksinasi Drive Thru bagi Lansia dan Pekerja Pariwisata

Jakarta – Kolaborasi antara Pemerintah dengan pihak swasta terus berlanjut untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19 Tahap II bagi lansia dan Petugas pelayanan Publik.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, ALODOKTER, Homecare24, dan klinik Doctora melaksanakan vaksinasi drive thru bagi Lansia dan Pekerja Pariwisata. Ditargetkan sebanyak 4.000 peserta menerima vaksinasi selama sepuluh hari pelaksanaan mulai tanggal 15 – 25 Maret 2021 di Graha Persahabatan Pondok Indah.

Dalam Sambutannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan drg Oscar Primadi, MPH mengapresiasi dan menyambut baik Kerjasama yang sudah berjalan. Hal ini juga merupakan perwujudan dari basis tempat pelaksanaan vaksinasi yang telah ditetapkan pemerintah yaitu di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Institusi, vaksinasi massal, dan vaksinasi bergerak.

“Kerjasama ini sudah kita payungi dengan perjanjian kerjasama yang legal sehingga teman-teman bisa bergerak sebagaimana resminya dengan kerjasama dengan Kementerian Kesehatan. Ini merupakan hal positif untuk kita membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mendapatkan akses vaksinasi,” ungkap drg Oscar melalui keterangan resminya di Jakarta, Kamis 18 Maret 2021.

Co Founder ALODOKTER Suci Arumsari dan Doktora clinic Fransisca Tobing juga berharap dengan kolaborasi ini dapat membantu Indonesia untuk segera terlepas dari pandemi COVID-19. Senada, Theresia Lumban Gaol, founder homecare24 menyampaikan, wujud kerjasama ini merupakan komitmen dalam membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta bersama-sama berusaha memulihkan Indonesia bebas dari Covid-19.

Proses pelaksanaan vaksinasi drive thru ini dimulai dari melakukan pendaftaran melalui aplikasi ALODOKTER. Selanjutnya peserta hadir ke lokasi vaksinasi sesuai waktu yang telah ditentukan, dan menjalankan proses vaksinasi mulai dari tahap registrasi sampai pemberian sertifikat. Khusus bagi petugas Pariwisata harus menerapkan surat keterangan bekerja di Instutusi yang bersangkutan.

Pola layanan vaksinasi drive thru merupakan inovasi yang sangat baik, memberikan akses kemudahan layanan vaksinasi bagi masyarakat (lansia). Sekjen berharap dengan adanya berbagai Gerakan dan inovasi pelaksanaan vaksinasi, maka target pelaksanaan vaksinasi selama satu tahun ke depan dapat tercapai.

drg. Oscar juga meyakini, dengan vaksinasi yang dibarengi juga konsistensi pemerintah untuk terus menerapkan dan mengembangkan strategi 3T (Tracing, Testing, dan Treatment), serta disiplin masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan 3M, maka Indonesia dapat bangkit dari pandemi COVID-19.

Related Posts

News Update

Top News