Kejahatan Meningkat, Pastikan Transaksi Mandiri Online Anda Aman

Kejahatan Meningkat, Pastikan Transaksi Mandiri Online Anda Aman

KEBIJAKAN untuk beraktivitas dari rumah membuat sebagian besar masyarakat untuk memilih transaksi perbankan secara online. Meskipun mudah dan nyaman, transaksi online kerap dimanfaatkan oknum untk melakukan kejahatan pembobolan rekening.

Untuk itu, Bank Mandiri menghimbau pada nasabahnya agar selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi melalui e-channel Mandiri. Berikut adalah beberapa cara tambahan yang dapat anda lakukan agar transaksi online anda semakin aman.

  1. Buat PIN dan Password unik
    Buatlah nomor PIN dan Password akun anda seunik mungkin. Dengan begitu, rekening anda tidak akan mudah untuk dibobol. Gunakan kombinasi huruf dan angka agar password anda semakin unik.
  2. Ganti PIN dan Password secara berkala Kemudian, gantilah nomor PIN dan password anda secara berkala. Dengan begitu, kemungkinan pembobolan password anda akan semakin kecil. Anda dapat menggantinya sebulan atau dua bulan sekali.
  3. Aktifkan fitur biometric security
    Kemudian bila anda bertransaksi dengan ponsel, anda dapat mengaktifkan pengamanan biometrik, seperti menggunakan sidik jari atau identifikasi wajah. Dengan dua lapis pengamanan, akun anda akan semakin kuat dari usaha pembobolan rekening.
  4. Hindari menggunakan Wi-Fi publik
    Wi-Fi publik kerap kali digunakan oknum untuk mendapatkan password yang anda gunakan ketika bertransaksi. Oleh karena itu, jangan menggunakan Wi-Fi publik ketika sedang melakukan transaksi. Gunakanlah paket data anda agar transaksi semakin aman.
  5. Jangan berikan kode OTP pada siapapun Meminta kode One Time Password (OTP) adalah modus yang paling sering digunakan oleh oknum pembobol rekening. Jangan pernah berikan kode ini pada siapapun termasuk pegawai bank. Kode digital sekali pakai ini khusus digunakan untuk mengakses akun pribadi anda.

Bank Mandiri terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan secara online di tengah kampanye pembatasan aktivitas sosial akibat pandemi corona. Melalui Mandiri Mobile Online dan kampanye #dirumahaja, Bank Mandiri menawarkan kemudahan bertransaksi secara online yang mudah dan cepat bagi semua nasabah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.