Kedatangan Vaksin Buat Ekonomi RI Berangsur Membaik

Kedatangan Vaksin Buat Ekonomi RI Berangsur Membaik

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyambut baik datangnya vaksin Covid-19 dari Sinovac Ltd asal negeri Tiongkok. Menurutnya, sentimen tersebut akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional, sebab episentrum permasalahan yang saat ini dihadapi global maupun Indonesia ialah pandemi Covid-19, sehingga penanganan pandemi menjadi sangat penting.

“Alhamdulillah pemerintah sudah memesan dan sudah mulai akan melakukan vaksinasi dalam waktu dekat. Tentunya ekonomi akan berangsur membaik dan tentu akan memperbaki prospek pemulihan ekonomi,” kata Perry melalui diskusi virtual di Jakarta, Senin 7 Desember 2020.

Perry menambahkan, BI juga terus berperan dalam pengadaan vaksin dengan ikut mendanai vaksin Covid-19 melalui dana burden sharing atau berbagi beban APBN 2020 dengan pemerintah.

Ia juga menjelaskan, ada lima kebijakan yang harus diperkuat untuk pemulihan ekonomi nasional, yaitu pembukaan sektor produktif dan aman, percepatan realisasi stimulus fiskal, peningkatan kredit/pembiayaan kepada dunia usaha, keberlanjutan stimulus moneter dan makroprudensial, serta digitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya UMKM.

Sebagai informasi, sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan asal Tiongkok, Sinovac, telah tiba di Indonesia pada Minggu malam (6/12).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kedatangan vaksin ini merupakan momentum awal dari langkah nyata pemerintah dalam proses pengadaan vaksin Covid-19.

“Vaksinasi akan semakin membangun rasa aman dan kepercayaan diri kita sebagai bangsa dalam melakukan berbagai aktivitas sosial dan ekonomi, mendukung ketahanan kesehatan, mendorong produktivitas serta menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.

Meski demikian, Airlangga mengatakan vaksin tersebut masih harus melalui tahap evaluasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk memastikan aspek mutu, keamanan, dan efektivitasnya. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News