Jokowi Resmikan LKM Syariah Khas Kempek

Jokowi Resmikan LKM Syariah Khas Kempek

Cirebon — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan secara langsung Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKM Syariah) KHAS Kempek di Pesantren KHAS Kempek, Cirebon, Jawa Barat.

Peresmian tersebut juga sebagai kunjungan kerja Presiden dalam rangka Haul Ke-28 Pesantren KHAS Kempek, Cirebon. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto turut menghadiri peresmian di Pesantren KHAS Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 20 Oktober 2017.

Jokowi berharap, dengan peresmian LKM ini mampu memberdayakan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di lingkungan pesantren daerah Cirebon dan sekitarnya.

Baca juga : Jelang Tahun Politok Jokowi ingatkan kebhinekaan

Pendirian LKM Syariah ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi ketimpangan dan kemiskinan di masyarakat yang sejalan dengan program Pemerintah saat ini. Karakteristik utama lembaga ini adalah adanya pendampingan dan pendekatan kelompok, tidak menghimpun dana dari masyarakat. Sumber dana berasal dari para donatur, dan menyalurkan pembiayaan dengan imbal hasil rendah, setara 3 persen per tahun.

LKM Syariah ini juga diyakini akan memberikan akses masyarakat kecil terhadap lembaga keuangan. Adapun untuk pembiayaannya dibatasi maksimal Rp3 juta. (*)

Related Posts

News Update

Top News