Jokowi Klaim, Angka Kematian Covid-19 di Indonesia Masih 3,99%

Jokowi Klaim, Angka Kematian Covid-19 di Indonesia Masih 3,99%

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, indeks angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia terus menurun hingga awal September 2020 menjadi 3,99%. Meski begitu, angka tersebut masih jauh lebih tinggi dari rata-rata kematian Covid-19 dunia yang mencapai 3,18%.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara virtual (14/9) dengan topik pembahasan Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 14 September 2020.

“Memang angka (indeks kematian) ini,  sebesar 3,99% mengalami penurunan dari angka kematian seminggu lalu yang berada di angka 4,02%,” kata Jokowi melalui live video conference.

Untuk itu, Jokowi mengingatkan, agar jajaran Menterinya untuk fokus terhadap 4 Provinsi yang masih mengalami kenaikan angka kematian hingga mencapai 6%. Adapun keempat provinsi yang dimaksud Jokowi ialah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“Kalau kita lihat lebih detail, ini (angka kematian masih tinggi) disebabkan 4 provinsi yang angka kematiannya di atas 6%. Sehingga informasikan kepada provinsi tersebut dan pemerintah pusat akan memberikan dukungan penuh,” ujar Jokowi.

Selain itu, dirinya juga meminta jajarannya untuk memastikan ketersediaan tempat tidur dan ruang ICU di sejumlah rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19 yang memiliki kasus-kasus berat di berbagai daerah tersebut. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.