Jelang Pengumuman The Fed dan RDG BI, Rupiah Ditutup Menguat

Jelang Pengumuman The Fed dan RDG BI, Rupiah Ditutup Menguat

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar as pada hari ini (16/9) ditutup pada level Rp14.825/US$ atau tercatat menguat 0,07% dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin (15/9) di level Rp14.845/US$

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, pelaku pasar masih menunggu pengumuman hasil rapat Bank Sentral AS (The Fed) yang bakal digelar pada 15 hingga 16 September waktu setempat. Dimana pengumuman bakal disampaikan pada Kamis (17/9) dini hari waktu Indonesia.

“Kebijakan The Fed diprediksi masih lebih longgar untuk membantu memulihkan ekonomi AS di masa pandemi yang masih terjadi,” kata Arinton di Jakarta, Rabu 16 September 2020.

Sebagai informasi saja pada periode Agustus lalu The Fed memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau fed fund rate (FFR) sebesar 0% hingga 0,25%. Tentunya kebijakan tersebut bakal dipantau oleh Bank Indonesia (BI) dalam pengambilan keputusan pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) Kamis (17/9) esok hari.

Ariston menilai, kebijakan bank sentral AS dan BI bakal menjadi arahan para investor dalam menempatkan dananya di pasar keuangan nasional.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (16/9) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.844/US$ terlihat menguat dari posisi Rp14.870/US$ pada perdagangan kemarin (15/9).

Leave a Reply

Your email address will not be published.