Iriana Jokowi: Pandemi Berikan Hikmah ke Pelaku UMKM

Iriana Jokowi: Pandemi Berikan Hikmah ke Pelaku UMKM

Jakarta – Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) menilai pandemi covid memberikan hikmah tersendiri bagi pelaku UMKM dalam negeri. Menurutnya pandemi mendorong pelaku UMKM untuk secara cepat mengimplementasikan digitalisasi pada bisnis.

“Pandemi covid-19 memberikan banyak hikmah salah satunya mendorong UMKM beralih lebih cepat ke digital. Hal ini membuat produk UMKM Indonesia semakin cepat di kenal di dunia internasional dan membuat UMKM kita semakin maju dan naik kelas,” kata Iriana melalui video conference acara Pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020.

Iriana menambahkan,  perkemebangan digitalisasi yang baik ini juga harus di manfaatkan sebaik-baiknya oleh pelaku UMKM. Menurutnya para pelaku UMKM harus segera menyesuaikan dan menyiapkan diri untuk menghadapi persaingan ke tingkat nasional maupun global.

“Menyaipakan diri untuk memperbaiki kualitas produk, branding, packing, pelayanan, dan juga harga agar tidak kalah saing dari produk negara lain,” tambah Iriana.

Menurutnya, pemanfaatan platform digital saat ini juga telah membuka kesempatan luas kepada generasi muda untuk pengembangan usaha kreatif dan inovatif agar lebih banyak wirausahawan dengan beragam jenis produk. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.