Ini Tips Memilih Hotel Staycation Saat Pandemi Covid-19

Ini Tips Memilih Hotel Staycation Saat Pandemi Covid-19

Jakarta – Jelang libur cuti bersama dalam rangka hari Maulid Nabi Muhammad tanggal 28 hingga 30 Oktober 2020, tentunya masyarakat bisa menikmati waktu untuk melakukan staycation menginap di hotel dalam kota atau sekitaran Jakarta pada era new normal.

Namun sebelum menginap di hotel, pastikan beberapa tips berikut dalam memilih hotel yang aman dan nyaman di masa pandemi covid-19.

1. Pastikan Hotel Tersertifikasi New Normal

Sebelum melakukan pemesanan hotel, masyarakat bisa memastikan apakah hotel tersebut sudah tersertifikasi New Normal dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) maupun intansi pemerintah lain.

Pengusaha Hotel asal Solo Sona Maesana pada acara diskusi ‘Protokol Kesehatan di Hotel dan Tempat Wisata’ yang disiarkan via Youtube BNPB, Selasa (20/10) mengatakan bahwa sertifikasi menjadi penting bagi pengusaha hotel saat pandemi dalam melakukan usahanya.

“Kita juga melalui PHRI kita mendapatkan sertifikasi protokol kesehatan. Dimana Pemerintah Kota juga bisa menetapkan sertifikasi kesehatan yang dikeluarkan oleh PHRI. Jadi itu kita lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman juga untuk customer,” kata Sona melalui video conference di Jakarta, Selasa 20 Oktober 2020.

2. Pastikan Hotel Menerapkan Protokol Kesehatan Sejak Awal Masuk

Penerapan protokol kesehatan juga harus dilaksanakan oleh pihak hotel sejak awal masuk hingga proses chek out. Kita sebagai pengunjung bisa memastikan hal tersebut dengan melihat apakah tersedia tempat cuci tangan di pintu masuk. Serta pastikan semua tamu diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk hotel.

3. Pastikan Ada Layanan Pengantaran Sarapan ke Kamar

Pada era new normal, ketentuan yang harus dijalankan hotel ialah menyediakan layanan pengantaran sarapan ke masing-masing kamar. Pastikan layanan tersebut tersedia dan tentunya pada saat chekin pastikan layanan tersebut telah disiapkan.

4. Pastikan Fasilitas Olahraga Steril dan Dapat Digunakan Atau Tidak

Pada era new normal, beberapa hotel menutup sementara layanan fasilitas umum seperti gym serta kolam renang. Namun ada baiknya kita sebelum menginap menanyakan hal tersebut pada petugas resepsionis. Pastikan ruagan juga steril dan dibersihkan secara berkala. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.