Ini 3 Sektor Penopang PDB Indonesia

Ini 3 Sektor Penopang PDB Indonesia

Jakarta – Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini tergolong stabil di kisaran 5 persen. Meskipun demikian, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sangat besar, yakni mencapai Rp15.000 triliun. Lalu apa tiga sektor penopang PDB Indonesia.

PDB sebesar itu ditopang oleh tiga sektor perekonomian, yakni education, accommodation and food beverage, dan human health berupa tempat spa. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kajian Makro LPEM UI Febrio Nathan Kacaribu di Jakarta, Jumat (18/10).

Bukan hanya itu saja, Indonesia juga memiliki segmen lain yang saat ini sedang booming, dan terus bertumbuh besar, yaitu internet economy. Termasuk di dalamnya ialah e-commerce, fintech, dompet digital, dan turunannya yang lain.

Internet economy ini pangsanya para millenial. Mereka mendominasi di sektor ini, dan ini sedang pesat-pesatnya di Indonesia. Akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” sambung Febrio.

Sementara itu, menurut Chief Economist BCA David Sumual, kolaborasi antarpihak perlu dikedepankan agar dapat tumbuh bersama. Perkembangan zaman dan perubahan yang muncul jangan dianggap sebagai suatu kompetisi.

“Kita sekarang mau fight atau collaborate. Pilihan itu ada di tangan kita. Kalau kita di BCA berkolaborasi dengan e-commerce, fintech, aplikasi e-wallet, dan lainnya agar dapat mengatasi masalah dan tumbuh bersama, sehingga setiap perubahan di era yang berbeda tidak perlu terlalu dikhawatirkan,” tandasnya. (*) Steven

Leave a Reply

Your email address will not be published.