Infodemi Sangat Berbahaya, Begini Cara Menangkalnya

Infodemi Sangat Berbahaya, Begini Cara Menangkalnya

Hoax terkait covid-19 atau infodemi memang kerap muncul di berbagai media sosial. Dikhawatirkan, infodemi tersebut bisa lebih bahaya dari pandemi itu sendiri. Karena informasi negatif yang berlebihan dan belum ada bukti kebenarannya bisa membuat banyak orang mengalami kecemasan bahkan stres.

Melihat hal itu, penting untuk menghindari infodemi tersebut. Satgas penanganan covid-19 pun seringkali menghimbau seluruh masyarakat harus hati-hati dengan adanya informasi yang menyesatkan lewat situsnya.

Mengutip situs satgas penanganan covid-19, Senin, 28 Desember 2020, masyarakat bisa ikuti kanal-kanal informasi covid-19 yang terpercaya dimulai dari website covid19.go.id dan akun Instagram @lawancovid19_id (https://instagram.com/lawancovid19_id).

Selain itu ada beberapa hal juga yang perlu diketahui dalam menangkal infodemi tersebut. Diantaranya dengan mengecek sumber informasi dan cek dengan detil waktunya.

Masyarakat bisa mencari kebenaran informasi terkait covid-19 lewat internet, seperti situs-situs informasi pemerintah, atau situs satgas penanganan covid-19. Banyak informasi yang bisa didapat masyarakat seputar covid-19 di sana.

Selain itu kita juga jangan langsung percaya dengan hanya membaca judul. Judul-judul yang digunakan bisa saja sengaja dibuat sensasional atau provokatif. (*)

Related Posts

News Update

Top News